Included in Vol 3 No 1 (2023): Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar
DOI | https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7104 |
Published | 22 January 2024 |
Pada era digital seperti sekarang, teknologi telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari dan dunia pekerjaan. Banyak perusahaan menggunakan portofolio sebagai salah satu kriteria penilaian dalam proses seleksi dan rekrutmen. Kegiatan pengabdian masyarakat siswa SMK Telkom dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran simultan yaitu pemberian materi dan praktek terbimbing untuk membuat portofolio secara online dengan memanfaatkan Google Site. Ketersediaan portofolio secara online akan memudahkan siswa untuk memperbaharui portofolio dan melakukan refleksi pengetahuan seiring dengan tahapan pembelajaran. Dari sisi guru dan perusahaan, tersedianya portofolio online memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan gambaran holistik tentang kemampuan, prestasi, dan potensi siswa. Terdapat kurang lebih 256 siswa kelas XI SMK Telkom (10 kelas) yang mengikuti pelatihan dalam dua sesi dan telah selesai membuat portofolio online menggunakan Google Site. Pengujian mengenai dampak dari kegiatan pelatihan dilakukan melalui analisis hasil pre-test dan post-test dengan hasil analisis gabungan dari 10 kelas mengindikasikan terdapat perbedaan signifikan antara pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan materi serta praktik langsung terkait pembuatan portofolio online menggunakan Google Site. Peningkatan nilai yang signifikan terjadi pada 6 dari 15 soal yang menunjukkan efektivitas materi dan pendampingan yang diberikan pada kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil analisis mendukung efikasi pembelajaran dan menunjukkan bahwa meode pengajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran simultan dengan pemberian materi disertai praktek langsung memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa.