IMPLEMENTASI MEDIA EDUKASI PENANGANAN SAMPAH PLASTIK BERBASIS WEB UNTUK ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KABUPATEN BANDUNG (EDUWASTE)

Included in Vol 3 No 1 (2023): Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar

Publication

DOI https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7105
Published 22 January 2024

Abstract

Permasalahan sampah yang menumpuk di area sekolah menimbulkan bau yang sangat menyengat, sehingga mengganggu suasana belajar, dan berpotensi menjadi sumber penyebaran penyakit. Untuk menjaga lingkungan, pengelolaan sampah khususnya sampah plastik sangatlah penting. Sayangnya, sejauh ini belum ada media berbasis teknologi yang dapat dijadikan sebagai sumber edukasi penanganan sampah, terutama untuk wilayah di sekitar kampus Universitas Telkom. Padahal, program edukasi online tentang cara menghilangkan sampah plastik, terutama untuk anak-anak prasekolah, merupakan salah satu cara dalam penanganan sampah. Program ini akan memberikan informasi tentang bahaya sampah plastik, cara mendaur ulang, dan cara mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari melalui pendekatan interaktif dan ramah anak. Mereka akan didorong untuk memahami dan menyerap ide-ide tersebut dengan cara yang menyenangkan melalui penerapan pembelajaran edukatif, seperti permainan dan animasi. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, Universitas Telkom menargetkan ke lingkungan sekitar dengan fokus pada pemberdayaan guru, siswa, dan orangtua siswa sekolah tingkat anak usia dini (PAUD) di wilayah Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat membantu generasi muda belajar tentang lingkungan sejak kecil, yang tentunya akan berdampak positif pada perilaku berkelanjutan di masa depan.

How to Cite

file_copyCopy
BUDIWATI, Sari Dewi et al. IMPLEMENTASI MEDIA EDUKASI PENANGANAN SAMPAH PLASTIK BERBASIS WEB UNTUK ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KABUPATEN BANDUNG (EDUWASTE). The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 34-38, jan. 2024. ISSN 2986-2892. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/cosecant/article/view/7105>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7105.