Hubungan Ekuitas Merek Dan Kinerja Perusahaan

Sebuah Telaah Kritis Artikel Kim dan Kim (2004)

  • Alexander Joseph Ibnu Wibowo Universitas Prasetiya Mulya

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara ekuitas merek berbasis pelanggan dan kinerja perusahaan berdasarkan artikel ilmiah yang ditulis oleh Kim dan Kim (2004). Tulisan mereka berjudul “Measuring customer-based restaurant brand equity - investigating the relationship between brand equity and firms’ performance” dimuat di jurnal Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, Vol. 45 Issue 2, pp. 115-131. Telaah kritis dilakukan baik terhadap aspek substansi teori maupun metode. Tulisan ini memaparkan pula tren penelitian sebelumnya tentang ekuitas merek dalam konteks Indonesia, termasuk tren yang berkaitan dengan makanan cepat saji. Kajian ini diharapkan mampu menjelaskan secara lebih mendalam lagi perbandingan antara temuan studi Kim dan Kim (2004) dalam konteks Korea dengan temuan studi lain dalam konteks Indonesia, yang ditunjukkan oleh studi Putri, dkk. (2015) serta Lupani dan Jorie (2015). Temuan Putri, dkk. (2015) serupa dengan hasil penelitian Kim dan Kim (2004) di mana ekuitas merek KFC menempati rating tertinggi kedua setelah McDonald’s di Korea. Selain itu, konsumen Korea lebih loyal terhadap restoran KFC dibandingkan konsumen Indonesia. Jadi, konsumen Indonesia memiliki kemungkinan lebih besar untuk beralih ke merek selain KFC. Lebih lanjut, temuan studi Lupani dan Jorie (2015) berbeda sekali dengan temuan studi Kim dan Kim (2004). Lupani dan Jorie (2015) menyampaikan bahwa persepsi kualitas restoran memperoleh penilaian tertinggi. Sebaliknya, Kim dan Kim (2004) menyebutkan bahwa persepsi tersebut memperoleh penilaian terendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-11
How to Cite
WIBOWO, Alexander Joseph Ibnu. Hubungan Ekuitas Merek Dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 235-250, jan. 2019. ISSN 2502-3713. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1735>. Date accessed: 21 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v18i3.1735.