ANALISIS PERFORMANSI PROTOKOL ROUTING DISTANCE VECTOR DAN HYBRID ROUTING DENGAN ROUTER PROPRIETARY

  • Muhammad Iqbal

Abstract

Protokol routing merupakan metode yang digunakan untuk menghubungkan dari router satu ke router yang lainnya, menyampaikan informasi dengan benar, memberikan jaminan layanan. Setiap protokol routing memiliki algoritma yang berbeda, pada penelitian ini dibahas tentang protokol routing yang bersifat distance vector dan hybrid routing, khusus penelitian ini akan dibahas tentang protokol routing yang bersifat proprietary.
Skenario yang digunakan pada penelitian ini menggunakan komunikasi VoIP (Voice over Internet Protocol), dengan menggunakan 10 buah router, 16 host yang berkomunikasi satu dengan lainnya pada saat yang bersamaan, kemudian juga dilakukan scenario pemutusan jaringan untuk melihat cara protokol routing meng-update tabel routingnya, juga akan dilakukan perbandingan antara performansi antara IPv4 dan IPv6.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil protokol routing EIGRP dibandingkan dengan IGRP memiliki nilai performansi dari sisi konvergensi jaringan, jumlah hop, paket yang hilang (traffic dropped), delay paket dan throughput yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-26
How to Cite
IQBAL, Muhammad. ANALISIS PERFORMANSI PROTOKOL ROUTING DISTANCE VECTOR DAN HYBRID ROUTING DENGAN ROUTER PROPRIETARY. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-32, july 2016. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/81>. Date accessed: 10 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v1i1.81.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)