Pengaruh Perilaku Irasional Terhadap Moral Ekonomi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Fashion Di Kota Bandung

person Desya Vicka Milenia
person Deden Syarif Hidayatulloh

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh Loss Aversion, Endowment Effect, dan Herd Behavior terhadap Moralitas Ekonomi pada bidang fashion di Kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran angket google form (kuesioner) dan studi pustaka. Pengolahan data menggunakan SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Loss Aversion berpengaruh signifikan terhadap Moralitas Ekonomi pada UMKM bidang fashion di Kota Bandung. Lalu, Endowment Effect berpengaruh signifikan terhadap Moralitas Ekonomi pada UMKM bidang fashion di Kota Bandung. Dan, Herd Behavior berpengaruh signifikan terhadap Moralitas Ekonomi pada UMKM bidang fashion di Kota Bandung. Hasil penelitian pada Loss Aversion pada indikator Memiliki Kepercayaan Tinggi terhadap Rekan Kerja Dalam Bisnis perlu ditingkatkan kembali dengan cara memberikan training atau pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM rekan kerja itu sendiri sehingga dengan kualitas SDM yang tinggi mampu meningkatkan kepercayaan owner terhadap karyawannya. Hasil penelitian pada Endowment Effect pada indikator Memberikan Penilaian Objektif terkait Produk Pesaing perlu ditingkatkan kembali dengan cara melakukan riset berdasarkan produk yang dijual lalu mengidentifikasi keunggulan produk secara berkala. Hasil penelitian pada Herd Behavior pada indikator mengikuti Produk yang Sedang Tren di Pasar perlu ditingkatkan kembali dengan cara memberikan pilihan atau opsi tren yang sedang ramai dikalangan masyarakat sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan tren yang sedan diperbincangkan atau ramai di pasar

format_quote
Citation
file_copyCopy
MILENIA, Desya Vicka; HIDAYATULLOH, Deden Syarif. Pengaruh Perilaku Irasional Terhadap Moral Ekonomi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Fashion Di Kota Bandung. Journal of Indonesia Business Research (JIBR), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 63-68, sep. 2023. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jibr/article/view/6464>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6464.