Peningkatan Ketahanan Watermarking Audio Berbasiskan DCT-SVD dan Teknik Penyisipan SMM pada Segmen dan Subband Audio Stasioner

person Dela Paradila I.
person Gelar Budiman (Telkom University)
person Ledya Novamizanti

Salah satu upaya untuk mencegah pelanggaran-pelanggaran pada konten digital yang tersedia di internet, audio watermarking menjadi solusi yang dihadirkan untuk membantu mengidentifikasi kepemilikan atau distributor data digital sebagai tujuan perlindungan hak cipta. Pada penelitian Tugas Akhir ini, akan dirancang suatu sistem untuk meningkatkan ketahanan audio watermarking dengan berbasiskan Discrete Cosine Transform (DCT). Penyisipan dilakukan pada matriks orthogonal Singular Value Decomposition (SVD), dengan teknik penyisipan Statistical Mean Manipulation (SMM) pada segmen dan subband audio stationer. Hasil yang didapat dari perancangan ini adalah ketahanan sistem audio watermarking terhadap serangan. Dengan menghasilkan nilai keluaran rata-rata: BER terkecil = 0, ODG = -0,71, SNR = 17,2355 dB, rata-rata nilai MOS tertinggi = 4,3 dan payload sebesar 86,1328 bps.

format_quote
Citation
file_copyCopy
PARADILA I., Dela; BUDIMAN, Gelar; NOVAMIZANTI, Ledya. Peningkatan Ketahanan Watermarking Audio Berbasiskan DCT-SVD dan Teknik Penyisipan SMM pada Segmen dan Subband Audio Stasioner. Jurnal Nasional SAINS dan TEKNIK, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-7, dec. 2023. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jnst/article/view/6682>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jnst.v1i1.6682.