Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Siswa dan Keuangan (Studi Kasus Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Adelia Smart)

  • Totok Suryanto
  • Dahliar Ananda
  • Haris Yuniarsa

Abstract

Adelia Smart merupakan sebuah Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus yang berada di wilayah kota Surabaya. Adelia smart menyelenggarakan beberapa jenis program yaitu kelas reguler dan terapi. Pengelolaan data siswa, data pegawai dan keuangan di Adelia Smart masih menggunakan catatan fisik kertas dan direkapitulasi menggunakan spreadsheet secara terpisah. Sistem tersebut tidak terpusat pada satu sistem pengelolaan, sehingga karyawan mengalamai kesulitan dalam mengelola data siswa, pegawai, dan keuangan. Sistem pengelolaan tersebut menyebabkan sering terjadi inkonsistensi data antara data siswa dan keuangan. Pada penelitianini disusun sebuah rancang bangun aplikasi pengelolaan data siswadan keuangan di Adelia Smart. Desain sistem dirancang dengan menggunakan Unified Modelling Language dan Entity Relationship Diagram.Rancang bangun aplikasi yang dikembangkan memiliki fitur seperti pengelolaan data siswa, pegawai, keuangan, dan pelaporan data. Sistem memberikan izin akses fitur berdasar kepada level akses yang dimiliki oleh masing-masing pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi terintegrasipengelolaan data siswa, pegawai, dan keuangan di Adelia Smart

Published
2017-04-07
How to Cite
SURYANTO, Totok; ANANDA, Dahliar; YUNIARSA, Haris. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Siswa dan Keuangan (Studi Kasus Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Adelia Smart). Jurnal Teknologi Informasi, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 139-143, apr. 2017. ISSN 2087-2429. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jti/article/view/460>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles