KESENIAN TARI DOLALAK SEBAGAI BRAND KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH

person Agus Budi Setyawan

Dolalak di Kabupaten Purworejo sebagai salah satu wujud dari seni tradisi kerakyatan, kehadirannya merupakan kelangsungan kehidupan kultural yang sudah berakar secara turun-temurun yang menjadi salah satu perwujudan budaya. Seiring perkembangannya, Dolalak dijadikan sebagai ikon kesenian untuk mendukung aktivitas branding pariwisata yang dilakukan oleh kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab mengapa kabupaten Purworejo memilih Dolalak sebagai ikon keseniannya; upaya apa saja yang sudah dilakukan oleh kabupaten Purworejo dalam membangun brand Dolalak; serta bagaimana strategi pencitraan yang sudah dilakukan yang meliputi strategi visual dan strategi media. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan etnografi, data penelitian didapatkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa Dolalak dipilih sebagai ikon kesenian karena asli dari Purworejo, memiliki keunikan, eksis sampai saat ini, populer dan keberadaannya diterima oleh masyarakat Purworejo. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membangun brand Dolalak, diantaranya dengan mementaskan Dolalak secara rutin dan mengirim Dolalak untuk mengikuti berbagai festival seni budaya di kabupaten/kota lain serta mengalihwahanakan Dolalak ke dalam berbagai media komunikasi visual. Melalui aktivitas branding yang dilakukan, Dolalak semakin dikenal oleh masyarakat, menguatkan positioning Kabupaten Purworejo, serta turut berperan dalam peningkatan kunjungan wisata di Purworejo.

format_quote
Citation
file_copyCopy
SETYAWAN, Agus Budi. KESENIAN TARI DOLALAK SEBAGAI BRAND KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH. KALATANDA : Jurnal Desain dan Media Kreatif, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 113-124, july 2018. ISSN 2527-9076. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/kalatanda/article/view/1373>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/kalatanda.v1i2.1373.