INSTAGRAM @BKKBNJAWABARAT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK

  • Frebriani Mutiara Hafni Syafitri Universitas Padjadjaran
  • Renata Anisa Universitas Padjadjaran

Abstract

Peran Instagram dalam lembaga atau institusi adalah sebagai media komunikasi dengan publik. Menurut APJI pengguna internet di indonesia pada saat ini mencapai 54,68% dari jumlah populasi di Indonesia, dan menurut hasil penelitian yang di lakukan Hootsuite We Are Sosial menunjukan bahwa di Indonesia pengguna Instagram pada januari 2018 sudah mencapai 38% sehingga Instagram merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi. BKKBN Jawa Barat sebagai salah satu lembaga pemerintah di Indonesia membangun hubungan dengan publik salah satunya Instagram dengan nama akun @bkkbnjawabarat. Peran Instagram @bkkbnjawabarat ini adalah untuk menyampaikan informasi mengenai program dan kegiatan yang dilakukan BKKBN Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Instagram @bkkbnjawabarat dalam menyampaikan informasi dan membangun komunikasi dengan publik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis informasi yang disampaikan oleh BKKBN dalam Instagram adalah mengenai program, kegiatan yang dilaksanakan, peringatan hari besar, edukasi untuk anak muda, dan edukasi untuk orang tua. respon netizen terhadap informasi yang di sampaikan BKKBN. Terdapat dua tipe netizen dalam merespon unggahan atau informasi yang di sampaikan yaitu positif dan negatif, dari setiap unggahan yang disampaikan BKKBN hanya terdapat 0-10 komentar saja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-16
How to Cite
SYAFITRI, Frebriani Mutiara Hafni; ANISA, Renata. INSTAGRAM @BKKBNJAWABARAT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 84-90, sep. 2019. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/1626>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v5i2.1626.