MAKNA MBLUSUKAN KERETA API DI KALANGAN RAILFANS: Kajian Fenomenologi Konstruksi Makna Mblusukan Kereta Api Pada Komunitas Edan Sepur Indonesia

  • Agus Aprianti Universitas Telkom

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai makna Mblusukkan kereta api bagi pecinta kereta api. Kajian penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretif melalui pendekatan fenomenologi. Wawancara mendalam dan observasi lapangan dilakukan dalam penelitian ini untuk menggali data yang diperlukan bagi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pecinta kereta api mengkonstruksi makna Mblusukan kereta api sesuai dengan pandangan subjektif mereka. Sehingga adanya keragaman makna Mblusukan bagi para informan penelitian. Terdapat 8 Kategori makna Mblusukkan yang dimaknai oleh railfans.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrowi, dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Makro. Surabaya : Insan Cendekia.
Creswell, J. W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approach.
California: Sage Publication.
------------------, 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among
five tradition. London: Sage Publication.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya. Bandung.
Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2016-12-31
How to Cite
APRIANTI, Agus. MAKNA MBLUSUKAN KERETA API DI KALANGAN RAILFANS: Kajian Fenomenologi Konstruksi Makna Mblusukan Kereta Api Pada Komunitas Edan Sepur Indonesia. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 136-146, dec. 2016. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/282>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v2i2.282.