English

Case Study: 2018 - 2020

  • Rendy Pandita Bastari Universitas Telkom
  • Wahyu Lukito
  • Fauzi Arif Adhika
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.25124/rupa.v6i1.2928

Abstrak

Internet adalah salah satu sumber informasi, bisnis, hiburan dan alat komunikasi hingga saat ini. Dengan demikian, internet menjadi satu dunia virtual, memiliki mekanisme yang hampir sama dengan dunia nyata, dan kemudian memunculkan budaya baru diantaranya adalah meme internet. Penelitian terbaru yang dilakukan pada meme internet menyimpulkan bahwa, meme internet adalah kanal komunikasi yang baru dan sampel penelitian dari studi terdahulu ini cukup usang. Penelitian ini merupakan upaya pendekatan baru pada meme internet, melihatnya sebagai budaya visual dan sebuah fenomena ketimbang kanal komunikasi belaka. Penelitian ini juga berupaya memberikan pemahaman baru tentang meme internet. Tiga sampel meme internet diambil, mulai dari 2018 hingga 2020. Sampel dianalisis menggunakan metodologi visual dengan melihat 3 situs gambar sampel: produksi, imaji, dan audiens. Setiap situs berisi 3 modalitas: teknologi, komposisionalitas, dan sosial yang akan dielaborasi melalui penelitian ini.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa meme internet dapat menjadi representasi visual dari peristiwa penting dari sejarah yang disajikan dengan cara yang lebih menghibur oleh orang-orang, meskipun aspek komunikasi masih melekat. Meme internet juga merupakan upaya untuk merespons peristiwa bersejarah penting pada rentan waktu tertentu dengan cara komikal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1]. Brodie, R. and Hermaya, T. Udiani, C. M. (Translator) (2005) Virus Of The Mind (Trans.). Edited by C. M. Hermaya, T. Udiani. Jakarta: KPG Gramedia.
[2]. Byrd, D. (2019) Astronomers release 1st real black hole image | Space | EarthSky, earthsky.org. Available at: https://earthsky.org/human-world/1st-photo-black-hole-event-horizon-release-apr-2019 (Accessed: 30 May 2020).
[3]. Dawkins, R. (2006) The Selfish Gene. 3rd edn. New York: Oxford University Press.
[4]. Drake, N. (2019) First-ever picture of a black hole unveiled, nationalgepgraphic.com. Available at: https://www.nationalgeographic.com/science/2019/04/first-picture-black-hole-revealed-m87-event-horizon-telescope-astrophysics/ (Accessed: 30 May 2020).
[5]. Jackson, G. (2020) Meme Viral Para Pemanggul Peti Mati Pallbearers Ghana - VICE, Vice.com. Available at: https://www.vice.com/id_id/article/dygb7z/meme-viral-para-pemanggul-peti-mati-pallbearers-ghana (Accessed: 26 May 2020).
[6]. Khalil, S. (2020) Ghana’s dancing pallbearers: ‘Stay at home or dance with us’ | Ghana | Al Jazeera, aljazeera.com. Available at: https://www.aljazeera.com/programmes/newsfeed/2020/05/ghana-dancing-pallbearers-stay-home-dance-200519100012123.html (Accessed: 28 May 2020).
[7]. Lansah, S. (2017) Funeral Dancers For Hire. England, Ghana.
[8]. McFadden, C. (2019) 7 Hilarious Black Hole Memes on Social Media, interestingengineering.com. Available at: https://interestingengineering.com/7-hilarious-black-hole-memes-on-social-media (Accessed: 30 May 2020).
[9]. Mitchell, W. J. . (1995) ‘Interdiciplinarity and Visual Vulture’, Art Bulletin, 77(5), p. 540.
[10]. Roedlers, Brett., Almond, K. (2018) In pictures: President Trump meets Kim Jong Un - CNN.com, cnn.com. Available at: https://edition.cnn.com/interactive/2018/06/politics/trump-kim-summit-cnnphotos/ (Accessed: 30 May 2020).
[11]. Rose, G. (2001) Visual Methodologies?: An Introduction to the Interpretation od Visual Materials. London: SAGE Publications Ltd.
[12]. Shiffman, L. (2014) Memes In Digital Culture. Cambridge: Massachusetts Institute of Technology.
[13]. Sullivan, H. (2020) ‘Why should you cry?’ Ghana’s dancing pallbearers find new fame during Covid-19 | World news | The Guardian, The Guardian. Available at: https://www.theguardian.com/world/2020/may/14/why-should-you-cry-ghanas-dancing-pallbearers-find-new-fame-during-covid-19 (Accessed: 28 May 2020).
[14]. Widiatmoko Suwardikun, D. (2008) ‘Karakter Visual Keindonesiaan dalam Iklan Cetak di Indonesia’, ITB Journal of Visual Art and Design. The Institute for Research and Community Services (LPPM) ITB, 2(2), pp. 159–172. doi: 10.5614/itbj.vad.2008.2.2.4.
Diterbitkan
2021-08-31
##submission.howToCite##
BASTARI, Rendy Pandita; LUKITO, Wahyu; ADHIKA, Fauzi Arif. English. JURNAL RUPA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 16 - 23, agu. 2021. ISSN 2503-1066. Tersedia pada: <//journals.telkomuniversity.ac.id/rupa/article/view/2928>. Tanggal Akses: 17 mei 2024 doi: https://doi.org/10.25124/rupa.v6i1.2928.
Bagian
Artikel