KLASIFIKASI POLA PENJURUSAN BIDANG IT MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 STUDI KASUS SMKN MANONJAYA

  • evi dewi sri mulyani STMIK Tasikmalaya
  • Irma Agustina
  • Rubi Ismanto
  • Sania Januar Susanto
  • Septian Setia Adhi
  • Tia Sri Rismayanti

Abstract

Penentuan jurusan di SMK merupakan hal yang sangat penting, karena siswa akan dibekali pembelajaran sesuai dengan jurusan yang telah dipilih sehingga memiliki keterampilan sebagai bekal memasuki dunia kerja khususnya dibidang IT. Namun dalam prosesnya masih sering mengalami masalah, karena pihak sekolah masih sulit dalam menentukan kebijakan untuk penentuan jurusan calon siswanya, diperlukan banyak factor penilaian dan semua data diolah dalam waktu yang terbatas. Maka dari itu pihak sekolah perlu mengetahui pola penjurusan siswa berdasarkan nilai tes software, nilai tes hardware,dan test jaringan perbandingan nilai dari dua jurusan tersebut dan jumlah intervalnya. Nantinya pola tesebut memudahkan pihak sekolah dalam menentukan jurusan mana yang tepat untuk siswa baru tersebut. Algoritma yang digunaka nmerupakan algoritma C4.5 yang merupakan salah satu dari bagian teknik klasifikasi dengan kemampuan model algoritma C4.5 yang dapat melakukan proses learning dan klasifikasi yang sederhana, cepat dan secara umum mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Dengan menggunakan dataset 215 record data siswa baru, hasil dari pengklasifikasian data pemilihan jurusan SMK bidang IT untuk jurusan TKJ dan RPL menghasilkan akurasi sebesar 96,73%. Dengan tingkat akurasi yang baik, pola klasifikas ipenentuan jurusan ini dapat digunakan pihak SMKN Manonjaya dalam menentukan kebijakan penentuan jurusan siswa baru khususnya bidang IT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Larissa Navia Rani, "Klasifikasi Nasabah Menggunakan Algoritma C4.5 Sebagai Dasar Pemberian Kredit", Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, VOL. 1, NO. 2, NOVEMBER 2016.
[2] Egi Badar Sambani, Fitri Nuraeni, "Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Pola Penjurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Tasikmalaya", CSRID Journal, Vol.9 No.3 Oktober 2017.
[3] Fina Nasari, "Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Pemilihan Bidang Peminatan Program Studi Sistem Informasi Di Stmik Potensi Utama Medan", Seminar Nasional Informatika 2014.
[4] Adhika Novandya , IsniOktria, "Penerapan Algoritma Klasifikasi Data Mining C4.5 Pada Dataset Cuaca Wilayah Bekasi",Jurnal Format Volume 6 Nomor 2 Tahun 2017.
[5] Marisa Fitri Fatmawati, "Implementasi Algoritma C4.5 Dalam Penentuan Jurusan Di Smk Pemuda Papar Kediri", Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.
Published
2022-07-21
How to Cite
SRI MULYANI, evi dewi et al. KLASIFIKASI POLA PENJURUSAN BIDANG IT MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 STUDI KASUS SMKN MANONJAYA. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1 - 5, july 2022. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/2254>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v6i1.2254.
Section
Survey Articles