EMPLOYEE ENGAGEMENT: MENELAAH MODEL KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI BPJS KETENAGAKERJAAN
DOI:
https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i1.5516Abstract
Employee Engagement merupakan salah satu bagian penting dalam membangun kinerja karyawan dalam perusahaan. Hubungan karyawan dengan perusahaan yang erat akan meningkatkan kualitas kerja karyawan dalam menghasilkan keuntungan untuk perusahaan. Penelitian ini menjelaskan model strategi Employee Engagement pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan berdasarkan komunikasi dan budaya organisasi guna mewujudkan loyalitas karyawan terhadap perusahaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenispenelitian deskriptif serta paradigma interpretatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studidokumen. Penelitian ini berfokus pada pembangunan model Employee Engagement dilihat dari aspek Vigor (karyawan sadar akan jobdesc-nya, yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat), Dedication (mengikuti pelatihan dan program yang diberikan pihak manajemen kepada karyawan), dan Absorption (rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya dan memiliki lingkungan yang supportif). Pengamatan dilakukan terhadap komunikasi yang berbentuk media melalui WhatsApp dan email corporate. Pesan yang dikomunikasikan BPJS Ketenagakerjaan sudah informatif, karena pesan yang disampaikan pihak SDM dan umum sudah disusun dengan baik melalui pembagian pesan perhari dalam satu minggu sesuai bidang masing – masing. Serta budaya organisasi yang dilihat dari dua sudut pandang yaitu Power Distance (PDI) dan Uncertainty Avoidance (UAI) pada BPJS Ketenagakerjaan sudah berkorelasi, sehingga akan berhasil apabila diterapkan pada cabang BPJS Ketenagakerjaan lainnya atau perusahaan lainnya.
Kata Kunci: budaya organisasi, employee engagement, hubungan karyawan, komunikasi