Petunjuk Penulisan

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL BUSINESS JOURNAL

 

  1. Artikel merupakan karya ilmiah asli/ orisinil yang merupakan hasil kajian, hasil penelitian, maupun hasil pemikiran konseptual yang relevan dengan bidang bisnis dan sosial dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya pada media apapun baik jurnal ilmiah maupun prosiding yang dibuktikan dengan surat pernyataan anti plagiarisme.
  2. Artikel akan dicek skor kemiripannya (similarity score).  Artikel yang tingkat skor kemiripannya di atas 30% dinyatakan tidak akan diterima.
  3. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan topik artikel dalam Business Journal meliputi pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, inovasi, operasi, bisnis internasional, kewirausahaan, strategi bisnis, dan sistem informasi bisnis.
  4. Jumlah halaman artikel minimal 20 halaman dan maksimal 25 halaman dengan menggunakan MS-Word for Windows, ukuran kertas A4 dan spasi 1,5 dan jenis huruf Times New Romans.
  5. Sistematika penulisan artikel dimulai dari Judul artikel, Nama Penulis, Abstract, Pendahuluan, Kajian Teori, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
  6. Judul artikel hendaknya ditulis spesifik dan efektif dengan tidak melebihi dari 11 kata.
  7. Identitas Penulis dituliskan nama lengkap dan tidak mencantumkan gelar. Nama afiliasi/ institusi dan alamat email Penulis. Contoh:

Aditya Wardhana 1, Nur Efendi 2, Ade M. Yuardani 3

  • of Business Administration, Telkom University, Indonesia
  • of Business Administration, Lampung University, Indonesia
  • of Business Administration, State Polytechniq of Pontianak, Indonesia

e-mail:1[email protected],2[email protected],3[email protected]

 

Aditya Wardhana 1, Syahputra 2, Nur Efendi 3

1,2) Dept. of Business Administration, Telkom University, Indonesia

  • of Business Administration, Lampung University, Indonesia

e-mail: 1[email protected], 2[email protected], 3[email protected]

 

  1. Penulis harus menyertakan curriculum vitae (CV) yang berisi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat instutusi (nama jalan, kota, kode pos, email, telepon), dan alamat email untuk berkorespondensi.
  2. Abstrak dalam Bahasa Inggris dan Indonesia (dua bahasa), berisi 100 s.d. 150 kata disertai kata kunci 3 s.d. 5 kata.
  3. Setiap kutipan harus menyebutkan sumber pustaka yang termutakhir (10 tahun terakhir) secara lengkap dan harus tercantum dalam daftar pustaka dan ditulis dalam running note. Pengutipan menggunakan “sistem penulis-tahun” yang mengacu kepada karya pada daftar acuan. Contoh:

…hal ini dikemukakan pula oleh Wardhana (2018) bahwa sumber daya manusia merupakan aset perusahaan yang penting bagi kemajuan perusahaan.

…pengembangan human capital didasarkan pada talent management yang diterapkan perusahaan (Wardhana & Saragih, 2018).

…aktifitas bisnis internasional sangat dipengaruhi oleh globalisasi (Wardhana, 2018).

…ekspor dsn impor merupakan aktivitas bisnis internasional yang tertua di dunia (Wardhana, 2014; Syahputra, 2018).

…Wardhana dalam Nurhayati (2018) menyatakan bahwa …

  1. Acuan ke tulisan yang merupakan karya institusional sedapat mungkin harus menggunakan akronim. Contoh:

…pemberian sanksi pelanggaran disiplin kerja telah diatur dalam peraturan perusahaan  (PP PT Telkom) dan perundang-undangan ketenagakerjaan (UU No.13/2003)

  1. Catatan kaki tidak digunakan dalam artikel.
  2. Referensi yang diutamakan adalah berasal dari sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk tesis dan disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah. Referensi hanya memuat sumber-sumber yang dikutip pada artikel.
  3. Pedoman Penulisan Referensi dan Daftar Pustaka:
  4. Referensi yang dicantumkan hanya referensi yang digunakan atau dikutip dalam artikel.
  5. Daftar Pustaka ditulis berurutan berdasarkan urutan alfabet sesuai dengan nama akhir/ keluarga pengarang pertama atau institusi yang bertanggung jawab atas suatu karya.
  6. Jumlah referensi yang digunakan dalam Daftar Pustaka sekurang-kurangnya 80% merupakan jurnal dari total keseluruhan referensi.
  7. Gunakan inisial nama belakang pengarang.
  8. Tahun terbit harus ditempatkan setelah nama pengarang.
  9. Jika terdapat lebih dari satu karya oleh penulis yang sama, urutkan secara kronologis waktu terbitan .
  10. Jika terdapat dua karya atau lebih dalam satu tahun oleh penulis yang sama dibedakan dengan huruf setelah tanggal.

Contoh:

Buku (versi cetak)

Wardhana, A., Kartawinata, B.R., dan Syahputra. (2018). Bisnis Internasional. Bandung: Karyamanunggal Lithomas

Artikel surat kabar

Parker-Pope, T. (2008, May 6). Psychiatry handbook linked to drug industry. The New York Times. Diperoleh dari http:// well.blogs.nytimes.com

Bab buku (versi elektronik)

Booth, D.A. (1980). Conditioned reactions in motivation. Dalam F.M. Toates & T.R. Hall, Analysis of motivational process (77-102). New York: Academic Press. Diperoleh dari http://www.ebookstore.tandf.co.uk/html/index.asp

Jurnal dengan satu penulis

Booth, A. (2000). Survey of recent development. Buletin Kajian Indonesia, 35 (3), 3-39

Thompson, L. (1990). Negotiation behavior and outcomes: Empirical evidence and theoretical issues. Psychological Bulletin, 108, 515-332. doi:10.1048/9385-0920.58.2.193

Jurnal dengan dua penulis

Loesche, L.S., & Tsai, S.D. (1998). More organization, less espresso: Effects of caffeine on manuscript length. Human Behavior, 5, 1-43. Diperoleh dari http://journals.elsevierhealth.com/periodicals/ens

Jurnal dengan tiga sampai dengan tujuh penulis

Saywitz, K.L., Mannarino, A.P., Berliner, L., & Cohen, J.A. (2000). Treatment for sexually abused children and adolescentsn American Psychologist, 55, 1040-1049. doi:10.5497/4578-2587.456.2.548

Jurnal dengan lebih dari tujuh penulis

Wolchik, S.A., West, S.G.,…Griffin, W.A. (2000). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child programs for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 68, 843-856. Diperoleh dari htpp://www.apa.org/journals/cc.html

Kumpulan Data

Badan Pusat Statistik. (2018). Ekspor dan Impor. Diperoleh dari https://www.bps.go.id/all_newtemplate.php

  1. Untuk penulisan Tabel. Tabel diberikan nomor sesuai dengan urutan pada artikel dan diberikan judul dan dituliskan pada bagian atas tabel dengan Bold.
  2. Untuk penulisan Gambar. Setiap gambar baik yang berbentuk diagram atau foto dapat dimasukkan dalam gambar dan diberi nomor sesuai dengan urutan pada artikel serta diberikan judul dan dituliskan pada bagian bawah gambar dengan Bold
  3. Artikel dikirimkan via jurnal online ke laman http://journals.telkomuniversity.ac.id/business. Penulis wajib mengikuti pedoman penulisan Business Journal untuk setiap artikel yang dikirimkan. Template dapat diunduh melalui laman http://journals.telkomuniversity.ac.id/business.
  4. Ketentuan penulisan artikel mengikuti sistem APA edisi terakhir (apastyle.org)
  5. Redaksi berhak tidak mengembalikan artikel dan mengedit artikel tanpa mengubah substansi dan pokok penulisan artikel.
  6. Artikel yang telah di peer review dan dinyatakan diterima, maka wajib untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.