Penerapan Digital Marketing dan Personal Finance Sebagai Pengembangan Usaha Jus Honje di Desa/Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran
Abstract
Digital marketing merupakan penggunaan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi pemasaran tradisional. Digital marketing mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Personal finance adalah seni dan ilmu mengelola dana keuangan dari unit individual / rumah tangga yang berfungsi mengelola keuangan pribadi. Permasalahan pada kedua mitra yaitu: pertama, Pemasaran jus honje yang masih bersifat tradisional, terbatas dan masih menggunakan metode pemasaran dari mulut ke mulut atau tradisional, dan hanya didistribusikan oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) Kuntum Mekar Desa Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran.Akses perjalanan dari lokasi mitra sangat sulit dijangkau. Kedua, Para pelaku usaha Jus Honje belum menggunakan pencatatan dan pengelolaan keuangan yang baik.Kedua permasalahan diatas menyebabkan tidak berkembangnya pelaku usaha HONJEKU. Metode pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di atas yaitu dengan metode pelatihan, pembimbingan, dan monitoring. Solusi permasalahan kedua mitra adalah dengan cara melakukan beberapa kegiatan yakni Pelatihan Digital Marketing bagi Usaha Mikro; Pelatihan Personal Finance bagi Usaha Mikro dan Pembimbingan dan monitoring penerapan digital marketing dan Pelaksanaan Personal Finance. Keterlibatan ahli dalam bidangnya diperlukan dalam kegiatan dengan harapan dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan kemampuan menerapkan digital marketing dan personal finance sehingga wirausaha dapat bersaing dan mengembangkan usaha jus honje.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Information
Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.