Pembuatan Prototipe Alat Pencucian Galon serta Pelatihan Sistem Kerja dan Pemeliharaannya di CV Barokah Abadi Baleendah Bandung

  • Fransiskus Tatas Dwi Atmaji Telkom University
  • Husni Amani, Mr Telkom University
  • Dida Diah Damayanti, Mrs Telkom University
  • Agus Kusnayat, Mr Telkom University

Abstract

Proses pencucian galon oleh CV. Barokah Abadi Baleendah saat ini masih belum optimal karena masih dilakukan secara manual. Selain itu, prosesnya masih membutuhkan beberapa kegiatan yang terpisah menggunakan sarana yang berbeda baik untuk  pencucian maupun untuk proses pembilasan galon.  Akibatnya proses pencucian galon  memerlukan   tempat yang  relatif luas  dan membutuhkan waktu proses pencucian yang relatif lama. Paper ini bertujuan untuk membuat sebuah prototipe alat bantu pencucian galon agar proses pencucian galon menjadi lebih efektif dan efisien. Perancangan awal alat pencuci galon menggunakan pendekatan reverse engineering and redesign methodology serta mempertimbangkan dari sisi ergonomic factor. Alat ini didisain dengan menyatukan beberapa proses yang ada menjadi satu proses ditempat yang sama. Disain alat menyesuaikan user experience operator sehingga dapat memudahkan penggunaannya.  Dari data, perancangan alat telah menghasilkan sebuah alat pencucian galon dengan kendali PLC mencapai rata-rata waktu mencapai rata-rata waktu 31,07 detik.  Hasil ini telah meningkatkan produktivitas pencucian galon, dengan peningkatan sebesar 68% dari proses pencucian eksisting sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-09
How to Cite
ATMAJI, Fransiskus Tatas Dwi et al. Pembuatan Prototipe Alat Pencucian Galon serta Pelatihan Sistem Kerja dan Pemeliharaannya di CV Barokah Abadi Baleendah Bandung. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/1877>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i1.1877.