PENERAPAN TEKNOLOGI LOCATION AWARENESS SYSTEM UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN PENGUSAHA MIKRO-KECIL-MENENGAH (UMKM) DI PANGANDARAN

  • Maman Abdurohman Universitas Telkom
  • Novian Anggis Suwastika
  • Erwid M Jadid
  • Sidik Prabowo

Abstract

Pangandaran merupakan daerah pariwisata yang dikunjungi ratusan ribuan pengunjung setiap tahunnya. Tingginya jumlah pengunjung ke daerah pariwisita Pangandaran memicu munculnya banyak pengusaha kecil dan menengah di daerah tersebut. Pengusaha di bidang penginapan murah, souvenir, makanan, dan jasa guide wisata adalah beberapa contoh bidang usaha kecil dan menengah yang tumbuh subur. Meningkatnya jumlah usaha di masing-masing bidang meningkatkan kompetisi dan berpengaruh terhadap cara dan pendekatan marketing untuk mendapatkan pelanggan. Kebutuhan wisatawan adalah informasi yang akurat dan tepat mengenai produk atau jasa layanan yang ditawarkan. Marketing berbasis teknologi informasi terutama teknologi yang memanfaatkan internet merupakan salah satu cara yang paling efektif dan efisien yang digunakan untuk melakukan marketing. Salah satu contoh teknologi informasi berbasis internet adalah media social yang berbasis aplikasi geotagging memudahkan pengguna untuk membaca review serta penunjuk lokasi dengan tepat.Teknologi location awereness systema dalah teknologi berbasis internet yang dapat digunakan pengguna untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat berbasis pada lokasi – lokasi yang diinginkan oleh pengguna. Bagi pengusaha teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan marketing atau promosi kepada calon pembeli / pengguna jasa. Teknologi location awereness system yang dibangun berbasis website yang dapat diakses dengan berbagai perangkat, baik perangkat desktop maupun mobile (smartphone yang banyak dimiliki oleh wisatawan).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-04
How to Cite
ABDUROHMAN, Maman et al. PENERAPAN TEKNOLOGI LOCATION AWARENESS SYSTEM UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN PENGUSAHA MIKRO-KECIL-MENENGAH (UMKM) DI PANGANDARAN. Charity, [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2064>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2064.