Peningkatan Pendapatan dan Perluasan Pangsa Pasar Melalui Digitalisasi Promosi Produk Hasil Olahan Nanas Masyarakat Petani Nanas di Jalancagak Kabupaten Subang

  • Ny Nellyaningsih Universitas Telkom
  • Ati Mustikasari
  • Agus Maolana Hidayat
  • Bachruddin Saleh Luturlean
  • Romat Saragih
  • Suryana R Achmad
  • Ratna Gema Maulida

Abstract

Salah satu nanas terbaik yang dihasilkan Indonesia bahkan diminati hingga pasar luar negeri berasal dari Subang yang dikenal dengan nama Nanas Madu. Selain buah Nanas, untuk menambah nilai ekonomis, UMKM di Jalancagak Kabupaten Subang mencoba membuat olahan berbahan dasar nanas diantaranya dodol, keripik, kue, dan lain-lain. Untuk kualitas dari produk yang mereka hasilkan sudah sangat baik, tetapi permasalahan yang mereka hadapi adalah belum maksimalnya penggunaan teknologi internet untuk kegiatan promosi, dan juga pemahaman mereka terhadap pembuatan laporan keuangan masih belum memadai dan juga kemasan. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melatih mereka untuk memaksimalkan teknologi internet sebagai media promosi dan meningkatkan pemahaman mereka dalam pembuatan laporan keuangan dan membantu membuatkan kemasan untuk buah nanas.


Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan penggunaan teknologi internet seperti media social sebagai media promosi, pembuatan kemasan untuk buah nanas dan pelatihan pembuatan laporan keuangan.


Hasil yang dicapai pada pengabdian masyarakat di Jalan Cagak Kabupaten Subang adalah mereka sudah mampu menggunakan media social seperti Instagram, facebook, website sebagai media untuk mempromosikan produk-produknya, selain itu mereka juga sudah mampu membuat laporan keuangan sederhana yang dibutuhkan untuk mereka dalam menjalankan usahanya dan kemasan untuk buah nanas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-04
How to Cite
NELLYANINGSIH, Ny et al. Peningkatan Pendapatan dan Perluasan Pangsa Pasar Melalui Digitalisasi Promosi Produk Hasil Olahan Nanas Masyarakat Petani Nanas di Jalancagak Kabupaten Subang. Charity, [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2068>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2068.