PEMBANGUNAN PROFIL ORGANISASI KOMUNITAS UMKM BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DAN PELATIHAN PENGELOLAAN CONTENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Wawa Wikusna Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2156

Keywords:

Profil Produk, Profil Anggota, Promosi, Keanggotaan

Abstract

Dari seluruh anggota Paguyuban Usaha Kecil Menengah Regional Kabupaten Bandung (PPKM) hanya 10% yang telah memiliki website untuk mempromosikan produk yang hasilkan. Selebihnya (90%) masih menggunakan media konvensional seperti brosur dan pameran dalam mempromosikan produknya. Data keanggotaan masih dikelola menggunakan microsoft excel sehingga antar datanya belum berelasi, masih berpotensi inkonsistensi dan duplikasi, serta tidak uptodate. Dibangunnya website profil organisasi komunitas UMKM berbasis Content Management System yang menampilkan profil produk dan profil anggota, serta pelatihan pengelolaan content merupakan solusi tepat untuk mengatasi permasalahan dalam pengelolaan data anggota, promosi produk, dan dapat meningkatkan kemampuan kewirausahaan website. Pembangunan web tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan (FIT) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB). Dengan adanya website ini diharapkan promosi produk dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan pengeloaan data anggota menjadi tersentralisasi dan lebih berkualitas

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-04