Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Berbasis Teknologi Media Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Wisata Di Bukit Mojo Gumelem, Mangunan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.25124/charity.v2i2.2195Keywords:
Integrated Marketing, Pariwisata, Teknologi, OnlineAbstract
Wisata Desa Wisata Bukit Mojo, Gumelem, Mangunan Yogyakarta Melalui Integrated Marketing Communication (IMC) Berbasis Teknologi Media Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Wisata. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra diantaranya yaitu; Pertama minimnya kader masyarakat yang sadar akan potensi wisata setempat dan kurangnya pengetahuan mengenai Integrated Marketing Communication atau komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan daya saing pemasaran wisata maupun produk kerajinan wilayah setempat, Kedua Kesenjangan teknologi informasi dalam pemasaran potensi wisata dan produk dengan jaringan pelaku industri maupun konsumen, Ketiga Kurangnya pengelolaan potensi desa wisata baik dari segi promosi maupun pemberdayaan masyarakat. Solusi dari permasalahan diatas adalah (1) Pengembangan strategi pemasaran terpadu, promosi dan marketing produk wisata di pasar domestik maupun mancanegara. (2) Terwujudnya manajemen pemasaran melalui strategi pemasaran yang tepat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis multimedia (3) Pengembangan dan pengelolaan potensi desa wisata serta pembentukan kader pengembang desa wisata.
Program pengabdian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) bentuk; pertama, transfer ilmu pengetahuan khususnya mengenai integrated marketing communication (IMC) serta komunikasi pemasaran berbasis media online. Kedua, transfer teknologi khususnya teknologi multimedia yang dapat mendukung kegiatan-kegiatan pemasaran berbasis multimedia seperti website. Pelaksanaan program ini dirancang dalam empat tahap kegiatan yaitu; (1) Tahap koordinasi dan persiapan (2) Tahap pelatihan (3) Tahap Penerapan Ipteks (4) Tahap Evaluasi & Pendampingan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Information
Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.