Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Berbasis Teknologi Media Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Wisata Di Bukit Mojo Gumelem, Mangunan Yogyakarta

  • Rani Dwi Lestari
  • Kristina Andryani
  • putri taqwa prasetyanin

Abstract


Wisata Desa Wisata Bukit Mojo, Gumelem, Mangunan Yogyakarta Melalui Integrated Marketing Communication (IMC) Berbasis Teknologi Media Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Wisata. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra diantaranya yaitu; Pertama minimnya kader masyarakat yang sadar akan potensi wisata setempat dan kurangnya pengetahuan mengenai Integrated Marketing Communication atau komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan daya saing pemasaran wisata maupun produk kerajinan wilayah setempat, Kedua Kesenjangan teknologi informasi dalam pemasaran potensi wisata dan produk dengan jaringan pelaku industri maupun konsumen, Ketiga Kurangnya pengelolaan potensi desa wisata baik dari segi promosi maupun pemberdayaan masyarakat. Solusi dari permasalahan diatas adalah (1) Pengembangan strategi pemasaran terpadu, promosi dan marketing produk wisata di pasar domestik maupun mancanegara. (2) Terwujudnya manajemen pemasaran melalui strategi pemasaran yang tepat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis multimedia (3) Pengembangan dan pengelolaan potensi desa wisata serta pembentukan kader pengembang desa wisata.


Program pengabdian ini dilaksanakan dalam 2 (dua)  bentuk; pertama, transfer ilmu pengetahuan khususnya mengenai integrated marketing communication (IMC) serta komunikasi pemasaran berbasis media online. Kedua, transfer teknologi khususnya teknologi multimedia yang dapat mendukung kegiatan-kegiatan pemasaran berbasis multimedia seperti website. Pelaksanaan program ini dirancang dalam empat tahap kegiatan yaitu; (1) Tahap koordinasi dan persiapan (2) Tahap pelatihan (3) Tahap Penerapan Ipteks (4) Tahap Evaluasi & Pendampingan.


           



Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-05
How to Cite
LESTARI, Rani Dwi; ANDRYANI, Kristina; PRASETYANIN, putri taqwa. Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Berbasis Teknologi Media Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Wisata Di Bukit Mojo Gumelem, Mangunan Yogyakarta. Charity, [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2195>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v2i2.2195.