Pembangunan Aplikasi Pengembangan Konten Wisata Berbasis Komunitas di Wilayah Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Z K A Baizal Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v3i2.2352

Keywords:

smart tourism, komunitas penggiat wisata, media sosial, wisata sukabumi, telkom university

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang menjadi andalan sebuah daerah. Kabupaten Sukabumi mempunyai potensi besar dalam hal pariwisata yang dapat menunjang pendapatan daerah. Beberapa tempat wisata di wilayah Kab Sukabumi antara lain [1], [2] : Danau Bacan, Bukit Karang Pra, Geopark Ciletuh, Tebing Panenjoan, Bravo adventure, Kampung Ciptagelar, dsb. Saat ini telah banyak berkembang aplikasi-aplikasi media sosial, dimana kontennya dikembangkan oleh pengguna sendiri. Konten dari media sosial ini berkembang begitu cepat, karena pada dasarnya konten tidak dikembangkan secara centralized, namun decentralized. Konten dalam Wikipedia misalnya. Semua pengguna dapat memperkaya konten Wikipedia, sehingga pengayaan konten dapat berkembang cepat, dan pihak Wikipedia bertugas mengkontrol konten tersebut. Contoh contoh yang lain seperti facebook, Instagram, bahkan website (apilkasi) e-commerce-pun, pengeyaan konten berbasis pengguna. Konsep ini tentu akan lebih bermanfaat jika dapat diterapkan juga pada aplikasi (website), dimana kontennya dikembangkan oleh pengguna aplikasi, atau dapat disebut sebagai komunitas. Komunitas ini dapat berupa komunitas-komunitas penggiat wisata, kesenian, kerajinan di daerah kabupaten Sukabumi. Komunitas dapat juga berarti para wisatawan itu sendiri maupun masyarakat yang peduli dengan potensi wisata di Sukabumi. Setiap pengguna (komunitas) dapat menambahkan tempat wisata, deskripsi, foto-foto, video, dan juga review dan rating dalam aplikasi. Untuk program pengabdian masyarakat kali ini, tim Telkom University bekerjasama dengan Grup Wisata Alam Sukabumi sebagai mitra, yang nantinya dapat menjadi pemilik aplikasi yang tim kembangkan sekaligus sebagai pengelola aplikasi. Dengan demikian, pihak mitra  mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan data-data wisata baru untuk memperkaya database wisata, juga mendapatkan feedback terhadap layanan wisata dari review dan rating para pengguna. Feedback ini dapat dimanfaatkan untuk evaluasi dan monitoring, untuk pengembangan layanan wisata yang lebih baik. Dalam pengembangan ini, kami menggandeng ahli dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Dr. Mohd Rasidi Bin Ibrahim Seorang ahli dalam bidang Industri dan Teknologi Informasi Sebagai rekanan dalam pengembangan aplikasi ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-26