Pembangunan Aplikasi Berbasis Web Keanggotaan dan Katalog Produk Ukm Serta Pelatihan Pengelolaan Data Pada Paguyuban Umkm Se-Kabupaten Bandung

  • Wawa Wikusna Telkom University

Abstract

Berawal dari pelaksanaan PKM Kolaborasi 2019-1 dengan judul Pembangunan Data Directory Digital dan Pelatihan Change Management untuk UMKM Se-Kabupaten Bandung, ditemukan adanya kebutuhan terkait keanggotaan dan katalog produk. Permasalahan yang ditemukan adalah belum adanya pendataan keanggotaan yang dilengkapi dengan pendataan produk dan sertifikat produk untuk mempermudah pemberian informasi kepada pihak yang membutuhkan data UMKM. Dari seluruh anggota Paguyuban Usaha Kecil Menengah Regional Kabupaten Bandung (PPKM) hanya 10% yang sudah memiliki website untuk mempromosikan produknya. Kemudian 90% lainnya masih menggunakan media konvensional seperti brosur dan pameran untuk mempromosikan produknya, data keanggotaan dikelola menggunakan microsoft excel sehingga data tidak berelasi, berpotensi inkonsistensi dan duplikasi, serta tidak up to date. Pendaftaran dan rekrutasi anggota masih dilakukan secara offline sehingga menyulitkan calon anggota yang berdomisili jauh dari kantor sekretariat paguyuban. Pengelolaan data keanggotan dan produk PPKM dengan cara konvensional tersebut juga menghambat pengambilan keputusan dan strategi bisnis. Pembangunan web site keanggotaan dan katalog produk PPKM yang ditujukan untuk mengelola keanggotan, menampilkan profil produk, dan adanya pelatihan pengelolaan data merupakan solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM. Pembangunan aplikasi berbasis web ini dilaksanakan melalui Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan (FIT) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-22
How to Cite
WIKUSNA, Wawa. Pembangunan Aplikasi Berbasis Web Keanggotaan dan Katalog Produk Ukm Serta Pelatihan Pengelolaan Data Pada Paguyuban Umkm Se-Kabupaten Bandung. Charity, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 82 - 91, feb. 2021. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2510>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v4i1.2510.