Pengukuran Customer Satisfaction Index Implementasi Mobile Version Portal Wisata Garut

  • Anisa Herdiani Telkom University

Abstract

Kabupaten Garut merupakan daerah dengan berbagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Hingga saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Garut telah memiliki portal wisata berbasis web yang dikembangkan bersama dengan Universitas Telkom. Portal wisata tersebut mengakomodasi informasi tempat pariwisata, tempat menginap, produk atau layanan jasa yang ditawarkan, serta fitur informasi wisata halal yang tentunya  sangat penting diketahui oleh wisatawan muslim.


Portal wisata kemudian perlu dikembangkan lebih lanjut agar dapat lebih mudah dijangkau oleh calon wisatawan yang mengakses informasi melalui perangkat mobile. Portal versi mobile dikembangkan dengan teknologi PWA (Progressive Web Application) sehingga user dapat merasakan experience penggunaan aplikasi mobile tanpa perlu mengunduh aplikasi untuk mengakses informasi yang ada di dalam portal wisata.


Untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna informasi terhadap portal wisata yang sudah dibangun, dilakukan evaluasi yang menghasilkan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil evaluasi menunjukkan CSI yang dicapai oleh portal yang sudah dibangun yaitu sebesar 90,5% dengan interpretasi Sangat Baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-26
How to Cite
HERDIANI, Anisa. Pengukuran Customer Satisfaction Index Implementasi Mobile Version Portal Wisata Garut. Charity, [S.l.], v. 3, n. 2, aug. 2020. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2516>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i2.2516.