Implementasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Ar-Ruhama

  • Ari Yanuar Ridwan Universitas Telkom

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat dengan skema kolaborasi internal ini adalah untuk menghasilkan e-learning yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah di tingkat Madrasah Tsanawiyah khususnya untuk mata pelajaran IPA di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Ar-Ruhama Kuningan Jawa Barat. Kendala yang dihadapi saat ini adalah proses pembelajaran yang masih konvensional sehingga ada kendala keterbatasan waktu pengajaran dan ruang untuk melaksanakan praktikum. Sehingga diperlukan suatu sistem e-learning yang bisa membantu proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA. Tahapan aktivitas dibagi ke dalam tiga tim yang terdiri dari: (1) Tim 1: Mengembangkan sistem e-learning; (2) Tim 2: Pelatihan penggunakan e-learning dan pengembangan konten pembejaran; (3) Tim 3: Implementasi konten pembelajaran IPA berbasis e-Learning. Output yang diharapkan dari pengabidian kepada masyarakat ini adalah: (1) Adanya Guru-Guru yang bisa mengembangkan konten pembelajaran berbasis e-Learning; (2) Adanya konten pembelajaran IPA berbasis e-learning; (3) Adanya sistem e-learning. Sehingga pada akhirnya ada outcome yaitu: (1) Peningkaatan nilai rata-rata mata pelajaran IPA; (2) Peningkatan nilai rata-rata Ujian Nasional Mata Pelajaran IPA; (3) Peningkatan prestasi juara olimpiade sain tingkat provinsi dan nasional.  Evaluasi Pelaksanaan dilakukan dengan cara: (1) Penyebaran kuisioner untuk mengukur pencapaian output/outcome dari hasil implementasi e-learning; (2) kunjungan dan observasi lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-26
How to Cite
RIDWAN, Ari Yanuar. Implementasi E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Ar-Ruhama. Charity, [S.l.], v. 3, n. 2, aug. 2020. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2546>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i2.2546.