Pembangunan Marketplace Online Barang Digital Menggunakan Fitur Product Recommendation (Rating & Tag Analytics) dan Braintree Payment System

person Erwin Yulianto (Universitas Langlangbuana)
person Fajar Nurochim
alternate_email

Menurut riset Google, nilai transaksi e-commerce pada tahun 2019 di Indonesia mencapai US$ 21 Milyar dan akan terus meningkat, sedangkan belum banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi marketplace yang khusus mempromosikan barang digital kepada masyarakat sebagai salah satu potensi ekonomi Indonesia di masa depan. Penelitian ini mengambil tema Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pengembangan aplikasi marketplace khusus barang digital. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literatur dan observasi serta peninjauan langsung terhadap potensi peluang usaha di bidang content barang digital. Metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan menggunakan model Software Development Life Cycle Waterfall. Fitur utama yang dikembangan pada aplikasi Marketplace Barang Digital yaitu Product Recommendation via Rating dan Tags Analytics. Produk ini diharapkan akan mampu mempromosikan barang digital kepada masyarakat luas, sebagai salah satu potensi ekonomi baru dan sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat.

format_quote
Citation
file_copyCopy
YULIANTO, Erwin; NUROCHIM, Fajar. Pembangunan Marketplace Online Barang Digital Menggunakan Fitur Product Recommendation (Rating & Tag Analytics) dan Braintree Payment System. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 2, aug. 2020. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2712>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i2.2712.