Prospek dan Keefektifan Penggunaan Google Classroom untuk Pembelajaran: Evidence dari SMP Pajajaran 1 Bandung

Authors

  • deni saepudin Fakultas Informatika Universitas Telkom
  • didit adytia
  • kemas muslim

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v4i2.3436

Keywords:

Google Classroom, pembelajaran, daring

Abstract

Akibat pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) untuk mencegah penularan. Salah satu konsekwensi dari keharusan menjaga jarak fisik ini adalah proses pembelajaran tidak dilakukan di sekolah, namun dilakukan dari rumah melalui media daring. Namun, belum semua sekolah siap melaksanakan pembelajaran daring. Salah satu faktor ketidaksiapan pembelajaran daring adalah pengetahuan/keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran daring. Ada beberapa media online yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran daring, salah satunya adalah Google Classroom. Dengan keterampilan para guru dalam memanfaatkan Google Classroom, proses pengajaran daring masih dapat berlangsung meskipun dengan banyak keterbatasan, baik keterbatasan perangkat maupun keterbatasan jaringan. Sampai saat ini, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan belum diketahui kapan berakhir. Dengan keterampilan memanfaatkan Google Classroom, SMP Pajajaran 1 Bandung masih dapat melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran ini juga dapat menjadi pelengkap proses pembelajaran konvensional di saat normal setelah pandemi berakhir dan ada potensi menggeser hasil studi sebelumnya yang menyebutkan pembelajaran dengan platform Google Form tidak terlalu efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-08-31

Most read articles by the same author(s)