Unit usaha mikro, kecil, dan menengah tidak dapat diremehkan kontribusinya terhadap perekonomian khususnya di Indonesia. UMKM secara keseluruhan merupakan media penyerapan tenaga kerja yang besar dengan kontribusi yang tidak sedikit terhadap produk domestik bruto. Namun masih terdapat tantangan bagi UMKM dalam mengembangkan bisnisnya khususnya pada masa pandemic saat ini. Salah satu media bagi pemasaran produk UMKM adalah media sosial.
Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kendala pemasaran yang dilakukan secara tatap muka. Sayangnya sumber daya yang diperlukan untuk bisa membuat pemasaran digital lebih efektif dan komprehensif khususnya dalam membuat captions produk biasanya tidak menjadi prioritas. Berbeda dengan tulisan UMKM lain yang membahas pengujian hipotesis, tulisan ini fokus pada menghadirkan solusi untuk membantu UMKM dengan melakukan analisis caption pada UMKM utama di Jawa Barat yang sudah merambah pasar nasional maupun internasional. Program ini dijalankan melalui survey pendahuluan untuk pemilihan UMKM yang dipilih sebagai contoh dalam menuliskan captions yang tepat.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Information
Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.