Pelatihan Media Digital dan Workshop Design Thinking bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (SIMAUNG)

person Rahmiati Aulia (Telkom University)
person Aria Ar Razi (Telkom University)

Situasi Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global termasuk di Indonesia, mampu memberikan gambaran bagaimana situasi ini memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap ketahanan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain menghadapi situasi pandemi dengan perubahan yang mendadak, permasalahan yang masih paling sering dijumpai adalah ketidaksiapan para pelaku UMKM di tengah perkembangan era digital. Padahal dengan mengembangkan produk/jasa yang ditawarkan serta memanfaatkan media digital yang bersifat daring, harapannya para pelaku UMKM mampu mempertahankan keberlangsungannya ditengah kondisi yang terjadi saat ini. Pengadaan workshop design thinking menjadi salah salah satu metode yang diharapkan mampu membuat UMKM mengembangkan produknya ditambah lagi dengan adanya pelatihan penggunaan digital media akan memperluas pasar mereka. Oleh karena itu, Pengabdian kepada Masyarakat Program studi Desain Komunikasi Visual hadir menawarkan solusi untuk menambah wawasan para pelaku UMKM dalam mengembangkan produk/jasa yang mereka tawarkan serta memudahkan mereka memanfaatkan perkembangan media dalam menghadapi persaingan di era digital.

format_quote
Citation
file_copyCopy
AULIA, Rahmiati; RAZI, Aria Ar. Pelatihan Media Digital dan Workshop Design Thinking bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (SIMAUNG). Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 48 - 55, feb. 2022. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/3724>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v5i1.3724.