PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI MTS BAROKAH ARJASARI

Authors

  • Jondri Jondri Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v5i2.3808

Keywords:

daring, MTS Barokah, Google Classroom

Abstract

Banyak sektor kehidupan yang terpengaruh dengan pandemik Covid-19. Termasuk dunia pendidikan, dengan ditiadakannya pertemuan tatap muka, maka proses belajar mengajar termasuk proses evaluasi dilakukan secara daring. Karena tidak dirancang dari awal, banyak sekolah dan guru-guru yang tidak siap dengan pembelajaran secara daring ini.Ada banyak fasilitas yang tersedia untuk mendukung pembelajaran secara daring, baik yang berbayar maupun yang gratis.  Salah satu yang dapat digunakan secara gratis adalah google classroom. Google classroom dapat mengakomodasi kegiatan dan interaksi antara siswa dan murid didalam kelas seperti kelas offline. Antara lain guru dapat membuat kelas dan memasukkan murid, memberikan materi pelajaran, memberikan tugas dan mengadakan ujian serta melakukan penilaian. Sementara siswa dapat memperoleh materi pelajaran dari guru, mengumpulkan tugas serta melaksnakan ujian. Untuk pertemuan online langsung dapat dilakukan melalui google meet. Pengabdian masyarakat pemanfaatan google classroom untuk mendukung pembelajaran daring ini diadakan di Madrasah Tsanawiyah (Mts)  Barokah Arjasari. Bentuknya berupa pelatihan bagi guru-guru. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini akan mendukung proses belajar mengajar secara daring di MTs Barokah

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-28