PENINGKATAN DIGITAL MARKETING DAN PENGUATAN MEREK DI MEDIA DIGITAL PADA KOMUNITAS SENTRA KREASI

person Rennyta Yusiana (Universitas Telkom)
person Bachruddin Saleh Luturlean
person Rohmat Saragih
person Retno Setyorini
person Wardhani Muhamad
person Ichwanul Muslim Karo Karo
person Heru Nugroho
person Yahya Peranginangin

Saat ini sosial media dapat digunakan sebagai media untuk melakukan transaksi produk bisnis yang dimiliki. Media yang biasa digunakan untuk digital marketing seperti: website, sosial media, email marketing, video marketing, iklan, SEO, dan lainnya. Digital marketing bertujuan untuk menjangkau pasar lebih luas dengan media internet. Setelah terhubung dengan calon konsumen, kita dapat melakukan edukasi kepada calon konsumen sekaligus melakukan branding terkait produk atau jasa yang kita jual. Di Kabupaten Bandung terdapat suatu Komunitas UMKM yaitu Komunitas Sentra Kreasi yang beranggotakan kurang lebih dari 150 anggota aktif. Produk yang dihasilkan beraneka ragam seperti: pakaian, makanan dan kerajinan. Saat ini pemasaran dengan sosial media belum optimal, karena sulitnya anggota UMKM memahami teknologi. Hal ini menjadi hambatan Komunitas Sentra Kreasi untuk merambah pasar yang lebih luas. Karena itu diadakan workshop tentang pemasaran dengan sosial media, yang bertujuan mengoptimalisasi dan meningkatkan penjualan. Luaran lain yaitu Pembangunan dan tutorial Web Media Edukasi Digital Marketing untuk anggota komunitas agar mudah menggunakan media online sebagai sarana pemasaran, diharapkan anggota Sentra Kreasi dapat memasarkan produknya dan mampu mengelola penjualan produk secara terpadu. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan (FIT) dan Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) Universitas Telkom.

format_quote
Citation
file_copyCopy
YUSIANA, Rennyta et al. PENINGKATAN DIGITAL MARKETING DAN PENGUATAN MEREK DI MEDIA DIGITAL PADA KOMUNITAS SENTRA KREASI. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 62 - 71, feb. 2022. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/3916>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v5i1.3916.