PENINGKATAN DIGITAL MARKETING DAN PENGUATAN MEREK DI MEDIA DIGITAL PADA KOMUNITAS SENTRA KREASI

Authors

  • Rennyta Yusiana Universitas Telkom
  • Bachruddin Saleh Luturlean
  • Rohmat Saragih
  • Retno Setyorini
  • Wardhani Muhamad
  • Ichwanul Muslim Karo Karo
  • Heru Nugroho
  • Yahya Peranginangin

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v5i1.3916

Keywords:

Digital Marketing, Penguatan Merek, Sosial Media

Abstract

Saat ini sosial media dapat digunakan sebagai media untuk melakukan transaksi produk bisnis yang dimiliki. Media yang biasa digunakan untuk digital marketing seperti: website, sosial media, email marketing, video marketing, iklan, SEO, dan lainnya. Digital marketing bertujuan untuk menjangkau pasar lebih luas dengan media internet. Setelah terhubung dengan calon konsumen, kita dapat melakukan edukasi kepada calon konsumen sekaligus melakukan branding terkait produk atau jasa yang kita jual. Di Kabupaten Bandung terdapat suatu Komunitas UMKM yaitu Komunitas Sentra Kreasi yang beranggotakan kurang lebih dari 150 anggota aktif. Produk yang dihasilkan beraneka ragam seperti: pakaian, makanan dan kerajinan. Saat ini pemasaran dengan sosial media belum optimal, karena sulitnya anggota UMKM memahami teknologi. Hal ini menjadi hambatan Komunitas Sentra Kreasi untuk merambah pasar yang lebih luas. Karena itu diadakan workshop tentang pemasaran dengan sosial media, yang bertujuan mengoptimalisasi dan meningkatkan penjualan. Luaran lain yaitu Pembangunan dan tutorial Web Media Edukasi Digital Marketing untuk anggota komunitas agar mudah menggunakan media online sebagai sarana pemasaran, diharapkan anggota Sentra Kreasi dapat memasarkan produknya dan mampu mengelola penjualan produk secara terpadu. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan (FIT) dan Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) Universitas Telkom.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-02-04

Most read articles by the same author(s)