GERAKAN REBRANDING DIGITAL DAN PEMBANGUNAN APLIKASI KELOLA REDESAIN KEMASAN UMKM

Authors

  • Anak Agung Gde Agung Program Studi Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom http://orcid.org/0000-0002-7593-5500
  • Robbi Hendriyanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom http://orcid.org/0000-0003-3502-6887
  • Agus Maolana Hidayat Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Pramitha Aulia Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Fauzan Aziz Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Arlin Ferlina Moch. Trenggana Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Nadya Novandriani Karina Moeliono Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Candra Wijayangka Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Arry Widodo Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v5i1.3917

Keywords:

rebranding digital, aplikasi, kemasan, UMKM

Abstract

Di masa pandemi, trend penjualan secara online mengalami peningkatan yang sangat pesat, diantaranya disebabkan oleh pembatasan sosial, sehingga konsumen  lebih memilih metode interaksi yang tidak mengharuskan kontak fisik. Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) Kab.Bandung merupakan paguyuban yang menaungi UMKM di wilayah kabupaten Bandung. Dalam masa pandemi, UMKM binaan kalah bersaing dalam penjualan online yang sudah ada, karena desain produk dan branding yang kurang menarik, atau ‘kekinian’. Beberapa masalah yang berhasil diidentifikasi oleh PPKM adalah kemasan produk para anggota UMKM yang dikemas dengan biasa saja tidak memberikan ciri khas produknya sehingga kurang menarik dimata konsumen, logo dan merk produk UMKM yang minimalis dan alakadarnya juga dinilai merupakan permasalahan dalam penjualan produk.Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini bekerjasama dengan PPKM untuk membantu permasalahan dengan melakukan rebranding produk secara digital dan pembangunan aplikasi kelola redesain kemasan produk UMKM binaan PPKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-02-04

Most read articles by the same author(s)