GERAKAN REBRANDING DIGITAL DAN PEMBANGUNAN APLIKASI KELOLA REDESAIN KEMASAN UMKM

person ORCID_logo Anak Agung Gde Agung (Program Studi Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom)
person ORCID_logo Robbi Hendriyanto (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom)
person Agus Maolana Hidayat (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
person Pramitha Aulia (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
person Fauzan Aziz (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
person Arlin Ferlina Moch. Trenggana (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
person Nadya Novandriani Karina Moeliono (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
person Candra Wijayangka (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
person Arry Widodo (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)

Di masa pandemi, trend penjualan secara online mengalami peningkatan yang sangat pesat, diantaranya disebabkan oleh pembatasan sosial, sehingga konsumen  lebih memilih metode interaksi yang tidak mengharuskan kontak fisik. Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) Kab.Bandung merupakan paguyuban yang menaungi UMKM di wilayah kabupaten Bandung. Dalam masa pandemi, UMKM binaan kalah bersaing dalam penjualan online yang sudah ada, karena desain produk dan branding yang kurang menarik, atau ‘kekinian’. Beberapa masalah yang berhasil diidentifikasi oleh PPKM adalah kemasan produk para anggota UMKM yang dikemas dengan biasa saja tidak memberikan ciri khas produknya sehingga kurang menarik dimata konsumen, logo dan merk produk UMKM yang minimalis dan alakadarnya juga dinilai merupakan permasalahan dalam penjualan produk.Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini bekerjasama dengan PPKM untuk membantu permasalahan dengan melakukan rebranding produk secara digital dan pembangunan aplikasi kelola redesain kemasan produk UMKM binaan PPKM.

format_quote
Citation
file_copyCopy
AGUNG, Anak Agung Gde et al. GERAKAN REBRANDING DIGITAL DAN PEMBANGUNAN APLIKASI KELOLA REDESAIN KEMASAN UMKM. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 72 - 79, feb. 2022. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/3917>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v5i1.3917.