PELATIHAN MENYUSUN KONTEN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PARA GURU SDIT BINA INSAN CENDIKIA KELURAHAN LEUWIGAJAH KOTA CIMAHI

  • Mukhammad Kirom Telkom University
  • Edy Wibowo
  • Ahmad Qurthobi
  • Linahtadiya Andiani

Abstract

Kondisi saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 hampir semua aspek kehidupan manusia terdampak. Salah satu aktivitas yang terpengaruh adalah proses belajar-mengajar di sekolah-sekolah, di mana biasanya dilakukan di kelas menjadi kegiatan pembelajaran di rumah berbasis daring. Jika proses pembelajaran di kelas, para guru dapat menjelaskan secara verbal dan bisa dibantu dengan alat peraga tentang materi tertentu. Hal ini tidak bisa dilakukan jika pembelajaran yang diberikan secara daring. Kasus ini dialami para guru yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Cendikia (SDIT-BIC) Cisalak Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Para guru di SDIT-BIC saat ini menyampaikan pembelajaran hanya sebatas instruksi kepada murid untuk mempelajari materi dari buku atau bisa mencari materi dari internet. Hal ini tentu saja tidak bisa optimal dari aspek pemahaman mahasiswa. Sisi buruknya si anak atau murid tidak terpacu untuk belajar karena banyak hal yang tidak dipahami oleh murid. Berkaitan dengan ini pada tahap awal akan diberikan bagaimana membuat materi multimedia interaktif di mana bisa dibuat animasi sederhana untuk menerangkan materi menggunakan Microsoft Power Point. Pelatihan dilakukan sebagai transfer ilmu dan pengalaman tim penulis dalam menyusun materi kuliah daring. Kegiatan pelatihan diawali dengan diskusi antara para guru dengan tim penulis berkaitan kendala dalam penyampaian materi dan dilanjutkan dengan pelatihan menyusun materi multimedia interaktif. Selanjutnya para guru diminta membuat konten dan dievaluasi oleh tim penulis. Dari beberapa materi yang disusun sudah terlihat berupa materi multimedia interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-19
How to Cite
KIROM, Mukhammad et al. PELATIHAN MENYUSUN KONTEN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PARA GURU SDIT BINA INSAN CENDIKIA KELURAHAN LEUWIGAJAH KOTA CIMAHI. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2a, p. 61-68, nov. 2021. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/4214>. Date accessed: 09 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v4i2a.4214.