Strategi Low Cost Digital Marketing Di Masa Pandemi Bersama UMKM Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung

  • Faisal Reza Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Yanuar Ilham
  • Nisa Lathifah
  • hn Hanafi
  • Divan Fadhila

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melaksanakan “Pelatihan Strategi Low Cost Digital Marketing  di Masa Pandemi Bersama UMKM di Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung” agar menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman bagi para peserta dalam dunia bisnis secara online. Target khusus kami yaitu kepada para peserta pelatihan diharapkan dapat memiliki pengetahuan serta keterampilan bisnis pemasaran dengan mengolaborasikan teknologi secara digital atau online sebagai Langkah untuk menjalankan pemasaran selama masa Pandemi Covid-19 yang menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, yang memudahkan para UMKM untuk merambah pemasaran di bidang digital. Kehadiran berbagai macam marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lain sebagainya, menjadi angin segar untuk para pelaku usaha saat ini. Tidak hanya itu perkembangan media social saat ini yang tidak lagi hanya sebagai platform untuk berjejaring atau mencari teman saja, kini media sosial pun sudah menjadi platform pemasaran yang banyak diminati tidak hanya bagi para pelaku usaha tetapi juga para pengguna media social itu sendiri/konsumen. Contohnya, saat ini platform media social Instagram memiliki fitur khusus untuk para akun bisnis untuk membuat “toko online” dalam bentuk katalog bisnis.


Dengan melihat fenomena tersebut dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam menunjang pemasaran melalui digital. Salah satunya adalah keterampilan dalam memilih media digital yang tepat untuk membidik segmentasi, keterampilan dalam membuat suatu naskah iklan yang baik, serta keterampilan dalam membuat suatu konten pemasaran yang baik dalam platform digital.  Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama 1 hari. Luaran dari kegiatan ini berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang strategi pemasaran dengan menggunakan media digital bagi peserta dan artikel ilmiah pada jurnal pengabdian kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-19
How to Cite
REZA, Faisal et al. Strategi Low Cost Digital Marketing Di Masa Pandemi Bersama UMKM Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2a, p. 51-60, nov. 2021. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/4259>. Date accessed: 09 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v4i2a.4259.