RANCANGAN ALAT PEMOTONG SINGKONG OTOMATIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PRODUKSI KERIPIK SINGKONG DI DESA SUKAPURA

person Murman Dwi Prasetio (Universitas Telkom)
person Sheila Amalia Salma (Universitas Telkom)
person Dino Caesaron (Universitas Telkom)
person Nur Ikhsan Ashari R (Universitas Telkom)
person Annisa Permatasari Nugraha (Universitas Telkom)

Tahun 2021 awal, pengolahan singkong telah dilakukan di Desa Sukapura dengan produk yang dihasilkan adalah keripik singkong. Dalam proses pembuatannya, alat yang digunakan masih menggunakan tenaga manusia sehingga perlu dilakukan perbaikan supaya meningkatkan produktivitas dan kualitas produksinya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki alat pemotong singkong sederhana menjadi alat pemotong singkong otomatis untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi keripik singkong. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode reverse engineering. Berdasarkan hasil analisa desain rancangan yang telah dibuat, kapasitas yang dapat dihasilkan kurang lebih 1kg/menit dengan asumsi diameter singkong 30 mm dan massa 879 gram. Hasil rancangan ini selanjutnya akan disampaikan oleh Desa kemudian akan dibuat alatnya.

format_quote
Citation
file_copyCopy
PRASETIO, Murman Dwi et al. RANCANGAN ALAT PEMOTONG SINGKONG OTOMATIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PRODUKSI KERIPIK SINGKONG DI DESA SUKAPURA. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1a, p. 1 - 6, jan. 2022. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/4494>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v5i1a.4494.