IMPLEMENTASI ROTARY CLEANING MACHINE HASIL CACAHAN PLASTIK GUNA MENINGKATKAN KUALITAS DI DESA SUKAPURA KABUPATEN BANDUNG

person Tiara Verita Yastica (Universitas Telkom)

Desa Sukapura merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kawasan Pendidikan Telkom, memiliki potensi dalam pemanfaatan sampah plastik. Melakukan proses pencacahan pada sampah plastik adalah salah satu cara menanggulangi sampah plastik dengan bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dari sampah plastik tersebut. Potensi pemanfaatan sampah plastik di Desa Sukapura didukung dengan adanya hibah mesin pencacah dan ketersediaan karang taruna sebagai sumber daya manusia. Kondisi sampah plastik yang kotor akan berdampak pada hasil cacahan. Untuk meningkatkan kualitas dari hasil cacahan plastik, diperlukan proses pencucian plastik yang bertujuan menghilangkan kotoran yang melekat pada sampah plastik. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemanfaatan sampah di Desa Sukapura dengan implementasi mesin pencuci plastik atau rotary cleaning machine. Diharapkan dapat menghasilkan cacahan plastik dengan kualitas yang lebih baik dan dapat meningkatkan nilai jual dari hasil cacahan plastik. Hasil cacahan dengan kualitas yang baik kemudian dapat diproses lebih lanjut sebagai bahan baku pembuatan biji plastik.

format_quote
Citation
file_copyCopy
YASTICA, Tiara Verita. IMPLEMENTASI ROTARY CLEANING MACHINE HASIL CACAHAN PLASTIK GUNA MENINGKATKAN KUALITAS DI DESA SUKAPURA KABUPATEN BANDUNG. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1a, p. 31 - 37, jan. 2022. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/4539>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v5i1a.4539.