Transformasi Entrepreneurial Society Di Desa Cangkuang Kulon : Rangkaian Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Bisnis Berbasis Teknologi Digital Bagi Pengusaha/Pengrajin Sepatu (Marketplace)
DOI:
https://doi.org/10.25124/charity.v5i1a.4549Keywords:
readiness level, digital marketplace, pengrajin sepatuAbstract
Desa Cangkuang Kulon, Bandung memiliki potensi yang luar biasa apalagi telah menjadi sentra bisnis yang strategis di Bandung. Kemajuan bisnis ekonomi di Desa Cangkuang Kulon, Bandung ini terutama didukung oleh banyaknya industri keluarga yang bergerak di bidang kerajinan sepatu selama puluhan tahun. Namun sayangnya pertumbuhan dari industri sepatu ini masih terhambat untuk mencapai tingkal optimal. Kondisi ini terutama diakibatkan oleh strategi pengelolaan bisnis yang dilakukan secara konvensional, padahal kemajuan teknologi telah sangat berkembang pesat. Di samping itu, dengan adanya pandemik COVID-19 yang melanda dunia saat ini, kondisi ini terasa sangat membebani masyarakat di Desa Cangkuang Kulon dari sisi ekonomi dengan menurunnya jumlah penjualan secara drastis. Kondisi ini menuntut para pebisnis/pengusaha di Desa Cangkuang Kulon untuk bisa beradaptasi menghadapi perubahan globalisasi, terutama perubahan dan perkembangan teknologi. Secara vertical dan horizontal bisnis sekarang apalagi di masa pandemic sudah harus bisa berkolaborasi Bersama teknologi dan media platform lainnya. Tanpa itu semua, apalagi ketika bisnis hanya dijalankan secara konvensional, maka akan meningkatkan tingkat kesulitan bagi pengusaha bisnis di Desa Cangkuang Kulon, yang merupakan Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bersaing di pasar yang semakin ketat. Kegiatan Abdimas ini memiliki 2 (dua) tujuan utama, yaitu (1) mengidentifikasi readyness level dari para pebisnis / pengusaha di Desa Cangkuang Kulon untuk dapat mengadopsi strategi bisnis E-Commercialization yang berbasis teknologi digital. ; serta (2) membekali pengusaha bisnis sepatu di Desa Cangkuang Kulon dengan pengetahuan pengelolaan bisnis yang berbasis teknologi digital, agar mampu bersaing di era globalisasi dan bertransformasi menjadi entrepreneurial society yang sebenarnya. Metodepengumpulan data yang akan dilakukan terbagi atas 2 tahap, dimana pada tahap awal akan melalui Focus Group Discussion (online) , dan dilanjutkan dengan kegiatan survey lapangan. Dengan menggunakan metode ini, diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, sehingga ketika dalam menjalankan proses pembelajaran untuk penerapan strategi E-Commercialization untuk meningkatkan kompetensi para pebisnis industri sepatu, masyarakat tidak terlalu mengalami kendala.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Information
Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.