MEKANISASI PROSES PRODUKSI OPAK KETAN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS DI DESA KAREDOK KECAMATAN CATIGEDE KABUPATEN SUMEDANG

person Rosad Ma'ali El Hadi (Telkom University)

Objek pengabdian masyarakat Telkom University bekerjasama dengan CSR PT. PLN (Persero) UPP - JBT 2, adalah usaha rumah tangga yang membuat opak ketan dengan proses secara manual/tradisional. Proses penumbukan masih menggunakan tenaga kerja mulai menumbuk pada jam 01.00 selesai jam 06.00 dengan jumlah beras ketan sebanyak 40 kg yang dimasak menjadi nasi ketan..  Proses pencetakan menggunakan alat cetak 1 operator 1 alat cetak menghasilkan 1 kepang opak ketan basah.  Proses pengeringan dengan memanfaatkan sinar matahari, memerlukan lahan yang cukup luas, kurang higienis, bila hujan tiba repon menyelamatkan jemuran serta bila cuaca mendung, tidak akan bias mengeringkan opak ketan basah, begitupun malam hari tidak bias berproduksi.  Pematangan makanan dengan cara pematangan, dimana makanan diletakkan di atas kawat ram yang diletakkan di atas tungku bara api, 1 orang 1 alat pematangan dan maksimum 40 keping opak ketan kering per pematangan dengan waktu rata-rata 9 menit.  Kualitas opak ketan yang dihasilkan sangat bergantung dari ketrampilan karyawan dan ketepatan saat menumbuk nasi ketan, mencetak, mengeringkan dan membolak-balik opak agar memperoleh hasil yang baik, dalam kenyataannya kualitas opak hasil pematangan bervariasi.  Selain itu hasil produksi yang terbatas, menyebabkan permintaan yang tinggi dari pelanggan sering tidak dapat dipenuhi oleh pengrajin opak tersebut.  Guna mengatasi masalah tersebut, maka tim pengabdian masyarakat Telkom University, membuat dan mendesiminasikan mesin penumbuk nasi ketan dengan metode transmisi, alat pencetak opak ketan dengan system noken as, oven multi produk dengan sistem udara panas dan mesin pematangan opak ketan dengan metode roller.


Mesin penumbuk dengan metode transmisi dapat menumbuk nasi ketan sebanyak 4 kg dalam waktu 6 menit.  Alat cetak dengan sistem noken as dapat mencetak 8 keping opak ketan basah dalam satu kali pencetakan.  Oven multi produk dengan sistem udara panas dapat mengeringkan opak ketan sebanyak 400 keping opak dalam waktu 25 menit.  Mesin pematangan opak ketan dengan metode roller dapat mematangkan opak ketan sebanyak 800 keping opak ketan dalam kurun waktu 15 menit.  Pemanfaatan mesin produksi opak ketan, dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, ekonomis dan kontinyuitas produksi, sehingga permintaan akan opak ketan dapat terpenuhi.

format_quote
Citation
file_copyCopy
EL HADI, Rosad Ma'ali. MEKANISASI PROSES PRODUKSI OPAK KETAN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS DI DESA KAREDOK KECAMATAN CATIGEDE KABUPATEN SUMEDANG. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1a, p. 54 - 58, jan. 2022. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/4574>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v5i1a.4574.