PENDAMPINGAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK MENGHADAPI GENERASI ALFA PADA PGTK KECAMATAN ARCAMANIK KOTA BANDUNG

person Litasari Widyastuti Suwarsono (Universitas Telkom)
person Atya Nur Aisha
person Fida Nirmala Nugraha

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu kunci tingkat perkembangan kognitif di masa keemasan. Profil peserta didik di tingkat pendidikan anak usia dini termasuk dalam generasi Alfa yang tergolong sebagai digital native. Karakteristik generasi Alfa ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sehingga diperlukan pemahaman kondisi yang relevan untuk mendukung proses pembelajaran yang relevan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman dari guru mengenai Generasi Alfa. Terdapat tiga tahapan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Dalam tahap pelaksanaan digunakan pendekatan diskusi serta pemanfaatan tools & metode coaching dari Points of You©  untuk memancing sudut pandang yang baru. Berdasarkan hasil diskusi, Generasi Alfa memiliki keunggulan dalam hal inisiatif dan kemandirian, tetapi kurang dalam hal sosialisasi dan konsentrasi. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung proses pembelajaran, antara lain dukungan teknologi, dukungan sosial, serta kondisi anak. Dari hasil evaluasi umpan balik diperoleh respon positif dari para peserta kegiatan terkait manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mendukung penguatan proses pembelajaran pada tingkat pendidikan anak usia dini.

format_quote
Citation
file_copyCopy
SUWARSONO, Litasari Widyastuti; AISHA, Atya Nur; NUGRAHA, Fida Nirmala. PENDAMPINGAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK MENGHADAPI GENERASI ALFA PADA PGTK KECAMATAN ARCAMANIK KOTA BANDUNG. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 2a, p. 6 -12, july 2022. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/5062>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v5i2.5062.