PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SMK YPPS PARIWISATA SUMEDANG

PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SMK YPPS PARIWISATA SUMEDANG

Authors

  • Putri Fariska Telkom University
  • Ajeng Luthfiyatul Farida
  • Dwi Fitrizal Salim

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v5i2a.5073

Keywords:

KKualitas Guru, Digital , Literasi

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan guru-guru berbasis digital pada SMK YPPS Sumedang. Adapun penerapan IPTEK yang dilakukan pada SMK YPSS Sumedang adalah dalam bentuk paparan materi tentang literasi keuangan khsusunya dalam pengelolaan keuangan agar dapat diterapkan sedini mungkin sehingga pada masa tua tetap dapat mandiri secara ekonomi, pemasaran digital dan E-commerce, membangun motivasi serta pengembangan diri dan public speaking di era digital. Hasil dari pelaksanaan paparan materi diukur melalui post tes tentang seluruh materi yang diberikan kepada guru-guru SMK YPPS Sumedang, dimana menghasilkan nilai yang hampir sempurna pada seluruh materi yang diberikan dari seluruh peserta guru yang hadir. Selain itu pada akhir sesi paparan materi, para guru diminta untuk mengisi kuesioner tentang pengaruh tingkat literasi keuangan terhadap keputusan investasi dan disebar pada 25 guru SMK YPPS Sumedang. Dari hasil pengolahan data regresi sederhana diketahui bahwa tingkat literasi keuangan pada guru SMK YPPS Sumedang mempengaruhi setiap keputusan investasi pada rentang usia guru 31 – 40 tahun sebesar 35%, 51 – 60 tahun sebesar 26%, 41 – 50 tahun sebesar 22% dan 25 – 30 tahun sebesar 17%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-29