PELATIHAN PENERAPAN APLIKASI KIDS NOTE SEBAGAI BUKU PENGHUBUNG DIGITAL DI SEKOLAH

Authors

  • Ana Rahma Yuniarti
  • Devi Aprianti Rimadhani Agustini
  • Wirmanto Sutedy
  • Kuswanto Kuswanto
  • Naufal Nurdiansyah
  • Aulia Putri Cendekia
  • Bhima Arya Daniswara

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5905

Abstract

Berdasarkan instruksi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN-PAUD), salah alat yang harus disediakan oleh pihak sekolah adalah Buku Penghubung, sebagai media untuk monitoring dan pelaporan tumbuh kembang siswa kepada orang tuanya. Sekolah Alam Gaharu (SAG) Bandung telah menggunakan Buku Penghubung, namun sistemnya masih tergolong konvensional. Pada sistem konvensional ini ditemukan permasalahan-permasalahan yang mengakibatkan ketidakselarasan antara wali murid dan guru/fasilitator kelas dalam hal monitoring tumbuh kembang anak, seperti: buku yang rentan rusak atau hilang, kurang privasi, tidak real-time dan tidak dapat mengakomodasi file foto/video kegiatan. Dengan kemajuan teknologi pada era sekarang, memungkinkan dilakukan transformasi buku penghubung berbasis kertas menjadi bentuk aplikasi digital berbasis website maupun Android/iOS. Untuk itu, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dikenalkan sebuah aplikasi Buku Penghubung Digital bernama Kids Note. Pelatihan diberikan kepada 50 peserta yang terdiri dari orang tua/wali murid dan guru/fasilitator di Sekolah Alam Gaharu. Berdasarkan survei yang dibagikan pasca kegiatan, didapatkan hasil bahwa 84% peserta memahami cara penggunaan aplikasi Kids Note dan 92% diantaranya menyatakan aplikasi Kids Note mampu mengakomodasi kebutuhan monitoring dan pelaporan tumbuh kembang anak di SAG.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-27