WORKSHOP KOMUNIKASI VISUAL DENGAN BURUNG INDONESIA UNTUK MENDUKUNG PROGRAM LOKAL UMKM DAN EKO-WISATA

Authors

  • Arya Harditya
  • Tombak Matahari
  • Santo Tjhin
  • Rachmat Arsyadi

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5909

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membuka peluang di berbagai sektor, salah satunya adalah wisata alam. Melibatkan pihak-pihak yang menjamin kegiatan promosi wisata alam yang bertanggung jawab dan terarah sangat diperlukan. Maka itu, Burung Indonesia dan Karang Taruna Desa Sugihmukti, Ciwidey, Jawa Barat saat ini sedang mengembangkan rencana ramah lingkungan untuk mempromosikan ekowisata baru di kawasan perhutanan sosial seluas 1.200 hektar sebagai bagian dari program pemerintah Indonesia selama 35 tahun. Untuk memiliki pendekatan promosi yang unik, para dosen Desain Komunikasi Visual, Universitas Sampoerna ingin memperkenalkan kepada mereka alat-alat Media Baru yang dapat mendukung kegiatan promosi mereka terutama dalam situasi COVID-19. Dalam kegiatan ini, seluruh agenda yang direncanakan terlaksana dengan antusiasme partisipan yang sangat baik. Agenda tersebut adalah memperkenalkan teknologi mesin cetak 3-Dimensi, perangkat Virtual Reality dan kamera 360 derajat. Ada pun aktivitas yang dilakukan dalam bentuk loka karya bertema pengenalan Prinsip Komunikasi Visual bersamaan dengan kegiatan aplikatif menggunakan aplikasi Canva. Kegiatan dilaksanakan dalam mode hybrid, dimana dosen dari program studi atau fakultas lain dapat menyaksikan kegiatan loka karya ini secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-27