DESAIN KEMASAN FROZEN FOOD UMKM MR. BATAGOR

Authors

  • Yanuar Rahman
  • Ananda Risya Triani

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5911

Abstract

Kuliner merupakan salah satu pilihan bidang usaha yang banyak diminati oleh para pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam merintis bisnisnya. Salah satu UMKM yang sedang merintis bisnis dan berpotensi untuk dapat berkembang baik dari segi produk maupun target pasarnya yakni UMKM Mr. Batagor, yang menjual penganan batagor dengan berbagai varian. Saat ini Mr. Batagor memiliki misi untuk memperluas target pasarnya, salah satu strateginya adalah menjual batagor versi beku atau lebih dikenal dengan frozen food, yang dikemas dengan kemasan vakum, agar dapat tahan lama untuk dikirim ke luar daerah. Namun, yang menjadi kendala saat ini adalah Mr. Batagor belum memiliki desain kemasan luar dari kemasan vakum yang representatif bagi target pasarnya. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, Mr. Batagor dibantu mendapatkan solusi berupa pembuatan desain kemasan frozen food yang representatif melalui metode design thinking, sehingga proses pembuatan desain kemasan dapat dilakukan dengan efektif dan tepat sasaran. Desain kemasan frozen food yang representatif, selain berfungsi mengamankan produk, juga dapat berfungsi sebagai media informasi dan persuasi terhadap suatu produk, lebih jauh lagi desain yang tepat juga dapat menunjang penjualan dan promosi suatu produk sehingga UMKM Mr. Batagor mampu bersaing di kancah global.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-27