BANGKITKAN UMKM JAJANAN KHAS SUNDA PASCA PANDEMI COVID-19 MELALUI DESAIN TEMPAT USAHA KANG SUJANA

Authors

  • Mahendra Nur Hadiansyah
  • Erlana Adli Wismoyo
  • Akhmadi Akhmadi

DOI:

https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5912

Abstract

Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19 adalah usaha milik Kang Sujana yang merupakan warga Kampung Ciganitri Desa Lengkong Kabupaten Bandung. Kang Sujana menjual beragam jajanan tradisional khas Sunda dengan produk andalan yaitu Awug dan Surabi. Penjualan selama pandemi hanya bisa dari mulut ke mulut tanpa tempat berjualan yang representatif dan menarik pembeli. Perlu upaya dalam meningkatkan kualitas tempat usaha Kang Sujana melalui sentuhan desain yang diproses secara digital. Tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Desain Interior Universitas Telkom memberikan solusi desain sesuai perkembangan tren saat ini. Desain yang direkomendasikan merupakan representasi dari produk yang dijual dengan pertimbangan kebutuhan dan aktifitas pengguna. Hasil akhir berupa 3D model sarana usaha, desain grafis menu dan poster, serta logo usaha yang direalisasikan setelahnya. Hasil desain yang telah direalisasikan diharapkan membantu UMKM Kang Sujana dengan nama usaha Awug dan Surabi Pedo dapat bersaing dan lebih maju. Hasil desain dan realisasinya diharapkan juga dapat menjadi ajang promosi serta lebih  menarik perhatian calon konsumenya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-27