PEMASANGAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM BERTENAGA SEL SURYA DI PERUMAHAN PANDAN WANGI RW 09 BANDUNG YANG MENDUKUNG KAWASAN RENDAH KARBON DAN NET-ZERO EMISSION

person Denny Darlis
person Aris Hartaman
person Rizki Ardianto Priramadhi
person Fiky Yosef Suratman

Pembangunan rendah karbon dan Net-emission Zero pada tahun 2060 telah diprogramkan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam mendukung visi Indonesia emas di tahun 2045. Salah satu fokus program yang dicanangkan oleh kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI adalah penggunaan Energi Baru dan Terbarukan di seluruh wilayah indonesia. Penggunaan energi terbarukan yang sudah sejak lama digunakan di indonesia adalah tenaga surya yang cukup melimpah karena posisi geografis indonesia yang dberada di garis Khatulistiwa. Energi ini cukup banyak dimanfaatkan untuk sumber energi lampu penerangan jalan. RW 09 Perumahan Pandanwangi Kelurahan Cijawura kota Bandung merupakan kawasan perumahan yang dihuni oleh 12 rukun tetangga dengan mayoritas penghuni adalah pensiunan rumah sakit dan ABRI. Untuk mendukung program pembangunan rendah karbon dan net-zero emission, warga RW 09 membutuhkan sarana penerangan jalan umum di beberapa tempat yang pemasangannya di luar program pemerintah, dalam hal ini dinas air bersih dan bina marga kota bandung. Untuk pemasangan secara mandiri, warga RW 09 perlu dibantu oleh institusi lain seperti Universitas Telkom Bandung yang kurang lebih berjarak 2.6 km. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, beberapa akademisi dari Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom Bandung telah mengimplementasikan keilmuan dan keahliannya untuk menyelesaikan masalah warga RW 09 tersebut sekaligus memenuhi tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan beberapa mahasiswa D3 Teknologi Telekomunikasi dan S1 Teknik Elektro. Dengan kegiatan ini masyarakat semakin menyadari pentingnya memahami tentang program Net Zero Emission dengan menggunakan Energi Terbarukan sebagai sumber listrik umumnya.



format_quote
Citation
file_copyCopy
DARLIS, Denny et al. PEMASANGAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM BERTENAGA SEL SURYA DI PERUMAHAN PANDAN WANGI RW 09 BANDUNG YANG MENDUKUNG KAWASAN RENDAH KARBON DAN NET-ZERO EMISSION. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 1a, p. 90 - 98, mar. 2023. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/5920>. Date accessed: 26 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5920.