Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Untuk Guru TK di IGKTI Bandung Timur

subject Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) memberikan peluang besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai tingkatan pendidikan, salah satunya pada tingkat Taman Kanak-Kanak (TK). Namun, masih banyak guru TK yang belum memahami pemanfaatan teknologi AI dikarenakan keterbatasan literasi teknologi dan minimnya pelatihan teknologi yang relevan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru TK di bawah naungan IGTKI Bandung Timur dalam menciptakan media pembelajaran berbasis AI yang menarik, interaktif, efektif, dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Metode kegiatan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan dan pendampingan langsung, praktik pembuatan media ajar, serta evaluasi pasca pelatihan. Tools yang diperkenalkan dalam pelatihan meliputi DeepAI untuk pembuatan ilustrasi gambar, Canva untuk desain lembar kerja, serta Google Translate untuk mendukung penyesuaian bahasa prompt. Hasil pelatihan menunjukan bahwa seluruh peserta berhasil menghasilkan minimal satu media ajar berbasis AI, Serta menunjukan antusiasme tinggi selama sesi berlangsung. Evaluasi kuantitatif menunjukan bahwa 65 responden menyatakan pelatihan ini sesuai dengan tujuan kegiatan, dengan 42% menyatakan setuju dan 58% sangat setuju. Selain itu, responden juga merasa bahwa pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan mereka, terdiri dari 52% setuju dan 48% sangat setuju. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi teknologi guru TK dan membuka potensi berkelanjutan berupa pelatihan berkala dan kolaborasi riset pendidikan di masa depan.

Kata Kunci : Artificial Intelligence, Guru TK, Literasi Teknologi, Media Pembelajaran, Pelatihan.

format_quoteCitationfile_copyCopy
[1]
Corputty, F. et al. 2025. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Untuk Guru TK di IGKTI Bandung Timur. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 8, 2 (Aug. 2025). DOI:https://doi.org/10.25124/charity.v8i2.9469.

license License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright Notice

An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:

  • Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
  • Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Author is  permitted and encouraged to post his/her  work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).

Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Information

Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

Downloads

Download data is not yet available.