Issue | Vol. 8 No. 2 (2025) |
Release | 26 August 2025 |
Section | Articles |
Pelatihan tentang pemasaran digital sangat berperan dalam mengoptimalkan keunggulan dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, terutama di wilayah pedesaan seperti Desa Lebakmuncang, Kabupaten Bandung, yang menghadapi masalah dengan pemahaman teknologi yang rendah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk mereka melalui platform online, termasuk pembuatan toko virtual, pengelolaan produk, dan implementasi taktik pemasaran digital. Pelatihan dilakukan dengan cara yang melibatkan partisipasi, dimulai dengan survei awal untuk menilai kebutuhan peserta, kemudian diakhiri dengan pembuatan modul pelatihan yang relevan. Sesi praktis memungkinkan peserta untuk segera menerapkan pengetahuan yang diperoleh. Penilaian setelah pelatihan menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, dengan 90,91% memberikan tanggapan positif mengenai relevansi materi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, daya saing, dan pendapatan UMKM di Desa Lebakmuncang. Oleh karena itu, pelatihan ini dianggap sebagai strategi yang efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, memungkinkan UMKM untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan memperluas jangkauan pasar mereka, yang nantinya bisa berkontribusi pada peningkatan ekonomi yang berkelanjutan di tingkat desa.
Keywords: Desa Lebakmuncang, Marketplace, pelatihan, pemasaran digital, UMKM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Information
Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.