STRATEGI MENINGKATKAN KETERLIBATAN PELANGGAN MELALUI LIVE SHOPPING TIKTOK UNTUK MENJANGKAU AUDIENS GENERASI DIGITAL BAGI PELAKU USAHA MIKRO KOTA BANDUNG

Authors

  • Dini Salmiyah Fithrah Ali Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasino. 1, Bandung 40257, Indonesia
  • Indra Novianto Adibayu Pamungkas Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasino. 1, Bandung 40257, Indonesia
  • Rizcca Haqu Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi no. 1, Bandung 40257, Indonesia
  • Kastaman Kastaman Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi no. 1, Bandung 40257, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7087

Keywords:

Tiktok, live shopping, strategi marketing

Abstract

Pelaku usaha mikro saat ini menghadapi tantangan untuk menjangkau dan mempertahankan pelanggan generasi digital yang semakin kritis dan cepat berubah. Di era kecepatan informasi dan hiburan sangat penting, live shopping menjadi strategi inovatif yang menarik minat khalayak dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran live shopping TikTok dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menjangkau audiens generasi digital bagi pelaku usaha mikro. Penelitian ini menyoroti bagaimana TikTok sebagai platform media sosial telah menjadi basis yang kuat bagi live shopping. Pelaku usaha mikro dapat memanfaatkan live shopping TikTok untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan, menyajikan produk secara real-time, dan menawarkan promosi khusus. Presentasi yang kreatif, interaktif, dan konten yang disesuaikan dengan selera audiens, live shopping TikTok dapat memperkuat ikatan emosional dengan merek, meningkatkan kepercayaan, dan memotivasi pembelian impulsif. Pelaku usaha mikro perlu memahami profil audiens generasi digital dan mengembangkan strategi pemasaran yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-17