PELATIHAN & PENDAMPINGAN PERANCANGAN DESIGN KEMASAN PRODUK UMKM DI DAERAH RANCABOLANG
DOI:
https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7107Keywords:
kemasan, UMKM, Identitas MerkAbstract
Kemasan memainkan peran penting dalam presentasi produk, perlindungan, dan keterlibatan konsumen. UMKM sering menghadapi tantangan dalam membangun identitas merek dan bersaing dengan perusahaan yang lebih besar. Namun, dengan menerapkan teknik kemasan inovatif, UMKM dapat meningkatkan daya tarik produk mereka dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar. Makalah ini membahas berbagai aspek kemasan untuk produk UMKM, termasuk pertimbangan desain, keberlanjutan, efisiensi biaya, dan preferensi konsumen. Makalah ini juga menyoroti manfaat dan tantangan yang terkait dengan kemasan bagi UMKM. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan kemasan strategis untuk mendukung pertumbuhan dan keberhasilan UMKM