CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN UMKM ANGGOTA KADIN KOTA BANDUNG

Authors

  • R. Wahjoe Witjaksono Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Maya Setyawati Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Warih Puspitasari Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7108

Keywords:

Enterprise Resource Planning, ERP, Kadin, CRM, UMKM Go Digital

Abstract

Akhir-akhir ini Customer relationship Management (CRM) merupakan teknologi yang sangat penting yang digunakan meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. CRM telah dikenal dalam industri sebagai alat strategis untuk memahami, memenuhi, dan mengantisipasi kebutuhan pelanggan. Dalam beberapa dekade terakhir, banyak industri telah beralih ke CRM untuk membantu mereka mendekati pelanggan dengan cara yang lebih personal, responsif, dan berorientasi data. Bukan hanya perusahaan besar, UKM dan UMKM juga perlu untuk memahami CRM agar bisa memahami cara mempertahankan loyalitas pelanggan, karena bagi UMKM pelanggan adalah hal yang sangat penting dan jika tidak dipahami dengan benar maka pelanggan akan beralih ke pesaing dan itu akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kelangsungan usaha UMKM tersebut. Dengan semakin berkembangnya CRM ,untuk itu program studi sarjana sistem informasi menyelenggarakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan penyuluhan, dengan tema CRM untuk meningkatkan pelayanan pelanggan di UMKM, yang bekerjasama dengan Kadin kota Bandung. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari pelatihan-pelatihan sebelumnya dan merupakan bagian dari pelatihan Enterprise Resource Planning (ERP). Pelatihan yang dilakukan kali ini adalah melatih UMKM yang sudah siap Go Digital untuk mengimplementasikan CRM yang diselenggarakan tanggal 23 November 2023 di Kadin kota bandung Jalan Talagabodas no. 31 Bandung. Pelatihan CRM ini ditujukan kepada UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung agar bisa mengimplementasikan CRM ini, sehingga berdampak kepada pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik dan meningkatnya omzet penjualan yang pada akhirnya bisa memberikan nilai keuntungan secara terus-menerus bagi UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-17