ANALISIS PERSIAPAN DAN PENDAMPINGAN DALAM MENGHADAPI PPDB TAHUN AJARAN 2023/2024 PADA PRESCHOOL TK PLUS INSAN MANDIRI GARUT

Included in Vol 3 No 1 (2023): Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar

Publication

DOI https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7129
Published 22 January 2024

Abstract

Sebuah perusahaan, baik industri yang bergerak pada bidang jasa ataupun non jasa membutuhkan aktivitas pemasaran dan kehumasan. Hal ini merupakan suatu hal yang penting dan dapat menjadi kegiatan yang mendukung pencapaian tolak ukur keberhasilan dari sebuah target perusahaan. Begitupula dengan instansi swasta pendidikan yang berusaha untuk mendapatkan calon siswa/i baru pada setiap tahunnya. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh instansi pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan guna mendapatkan calon siswa’I yang menjadi target PPDB itu sendiri, Begitu juga hal yang di lakukan oleh Preschool TK Insan Mandiri Garut. Aktivitas pemasaran dan kehumasan untuk menjalankan program PPDB ini telah di lakukan oleh divisi korkom dari TK insan Mandiri Garut itu sendiri, Akan tetapi sesuai dengan pra observasi sebelumnya, instansi pendidikan ini mengalami penurunan calon siswa/i yang menurun secara signigikan. Telah terbentuk sebuah gap dikarenakan pada masa pandemi yang membuat seluruh aktivitas kegiatan sekolah menjadi cukup terbatas seperti penggunaan teknologi, berkurangnya SDM, Hilangnya stakeholder, hingga menurunnya kualitas fasilitas. Dampak dari gap tersebut menghasilkan terjadinya pergerakan dari program PPDB ini tidak semaksimal sebelumnya. Hal lainnya seperti bertambahnya pesaing preschool lainnya yang muncul di kawasan TK Insan Mandiri Garut dengan cepat membuat TK Insan Mandiri Garut perlu untuk bertahan dan menghadapi persaingan yang ketat. Maka dari itu TK Insan Mandiri Garut ini memerlukan strategi humas dan marketing yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan. Pengabdian masyarakat ini Tim Dosen dari berbagai fakultas dan universitas telah melakukan pendampingan dengan cara FGD, Wawancara, Analisis keadaan, Hingga pembuatan model mengenai strategi humas dan marketing dalam menghadapi PPDB dan dapat di lakukan oleh pihak TK Insan Mandiri Garut.

How to Cite

file_copyCopy
ROHIMAKUMULLAH, Muhammad Al Assad et al. ANALISIS PERSIAPAN DAN PENDAMPINGAN DALAM MENGHADAPI PPDB TAHUN AJARAN 2023/2024 PADA PRESCHOOL TK PLUS INSAN MANDIRI GARUT. The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 132-134, jan. 2024. ISSN 2986-2892. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/cosecant/article/view/7129>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7129.